News

Basarnas evakuasi satu jenazah di Aceh Barat

Basarnas evakuasi satu jenazah di Aceh Barat
Sesosok jenazah ditempatkan di ruang pemulasaran jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Senin (25/3/2024) siang. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

POPULARITAS.COM – Satu jenazah yang belum diidentifikasi, ditemukan di pesisir pantai di Arongan Lambalek, Aceh Barat. Proses evakuasi terhadap jasad telah dilakukan oleh Basarnas Pos Meulaboh dan BPBD setempat, Senin (25/3/2024) dini hari.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat Jamal Mirda menerangkan, saat ini jenazah yang dievakuasi ditempatkan di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Ditambahkannya bahwa, jenazah yang tidak dikenal tersebut ditemukan oleh warga sekira pukul 03.30 WIB subuh. Pihaknya berupaya mengevakuasi sekira pukul 05.30 WIB.

“Kami tidak bisa memastikannya,” kata Jamal Mirda dikutip dari laman Antara.

Dia juga tidak bisa memastikan apakah jenazah tersebut merupakan warga etnis Rohingya yang tenggelam di pantai Aceh Barat atau bukan. Hingga Senin siang kondisi jenazah tersebut masih berada di dalam kantung jenazah dan mulai menimbulkan bau tidak sedap.

Sebelumnya pada Sabtu (23/3)  Tim gabungan yang terdiri dari Satgas SAR, Basarnas Meulaboh, TNI/Polri, PMI, dan masyarakat telah mengevakuasi tiga mayat yang diduga etnis Rohingya ke TPI Panton Makmur, Calang, Aceh Jaya.

Komandan Operasi Satgas SAR Aceh Jaya Mirza di Aceh Jaya mengatakan dari tiga mayat tersebut dua orang berjenis kelamin perempuan dan satu laki-laki.

Tiga jenazah tersebut saat ini telah dimakamkan di Kabupaten Aceh Jaya.

Shares: