News

Basarnas hentikan pencarian WNI hilang di Pulau Banyak

Tim SAR gabungan melakukan terhadap Fifan Satria, di perairan Sarang Alu, Pulau Banyak, Aceh Singkil, Ahad (20/8/2023). (ANTARA/HO-Dok. Basarnas Nias)

POPULARITAS.COM – Tim Basarnas Nias, Sumatera Utara, resmi menutup upaya pencarian terhadap Fifan Satria, seorang warga Negara Indonesia (WNI) yang hilang kontak di Perairan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil yang menumpang speed boat kayu pada Minggu (13/8/2023) pekan lalu.

“Operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan akan dibuka kembali apabila ada tanda-tanda keberadaan korban,” kata Kepala Basarnas Nias, Sumatera Utara, Octavianto dalam keterangan tertulis, dikutip dari laman Antara, Senin (21/8/2023).

Octavianto mengatakan, usulan penutupan pencarian terhadap satu orang korban tersebut dilakukan, setelah pihaknya melakukan evaluasi dengan keluarga korban, instansi terkait dan unsur SAR gabungan.

Ia menyebutkan, hingga tujuh hari upaya pencarian dilakukan terhadap Fifan Satria, di perairan Sarang Alu, Pulau Banyak, Aceh Singkil, Tim SAR gabungan telah memperluas pencarian namun korban belum juga ditemukan hingga pencarian terakhir pada Ahad (20/8).

Menurutnya, pencarian dilakukan sesuai dengan rencana operasi SAR, hingga pada pukul 17.45 WIB Tim SAR Gabungan kembali ke posko dengan hasil korban belum ditemukan.

“Kepada seluruh unsur SAR terkait diucapkan terimakasih dan dikembalikan ke satuannya masing-masing,” kata Octavianto menambahkan.

Ada pun unsur SAR gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut diantaranya Satgas SAR Pulau Banyak Aceh Singkil, Muspika Pulau Banyak, SAKA SAR Pulau Banyak, POSAL Pulau Banyak, Koramil 01 Pulau Banyak, Syahbandar Pulau Banyak, warga dan pengelola Pinang Resort.

Sebelumnya empat orang warga negara asing (WNA) asal Australia dan dua WNI, yang sebelumnya hilang kontak di Perairan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil telah ditemukan dalam kondisi selamat.

Ada pun korban yang ditemukan selamat tersebut masing-masing empat WNA asal Australia yaitu Elliot Foote, Steph Weisse, Will Teagle serta Jordan Short.

Kemudian dua WNI yang ditemukan selamat yaitu Ahmad Junardi dan Muhammad Iqbal.

Keenam korban yang hilang kontak tersebut hingga sebelumnya telah dievakuasi ke Pinang Resort Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Shares: