KesehatanNews

BBPOM Aceh awasi peredaran takjil berbuka 

BBPOM Aceh awasi peredaran takjil berbuka 
Takjil buka puasa yang dijual di Indrapuri, Aceh Besar, Kamis (23/3/2023). FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

POPULARITAS.COM – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh, akan melaksanakan uji sampling terhadap takjil berbuka yang dijual oleh para pedagang di ibukota provinsi Ujung barat sumatra tersebut.

Untuk itu, terhitung sejak Jumat (24/3/2023), BBPOM Banda Aceh akan melukan pengecekan di sejumlah titik pusat penjualan jajanan dan takjil ramadhan, yakni Darussalam, Lampineueng, dan kawasan jalan Garuda.

Kepala BBPOM Banda Aceh Yudi Noviandi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/3/2023) mengatakan, dalam kegiatan itu, selain melakukan pengecekan, pihaknya juga akan melakukan edukasi kepada para warga tentang pentingnya makanan sehat dan higienis yang dijual kepada warga.

Untuk itu, pihaknya juga akan melaukan tes keamanan makanan, dengan melakukan uji sampling terhadap berbagai produk jajanan pasar yang dijual di pusat kuliner.

Apabila nanti ditemukannya makanan yang berbahaya dan tidak higienis, lanjut Yudi pihaknya akan melarang makanan itu untuk diperjualbelikan. Kemudian juga akan diberikan pembinaan bagi pedagang.

“Lokasi dan titik yang disasar akan berubah-ubah, namun untuk sekarang kita mulai di Kota Banda Aceh dulu,” ujarnya.

Untuk itu, Yudi menghimbau masyarakat agar dapat membeli takjil dengan melakukan cek KLIK, yaitu cek kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa, agar makanan siap saji yang dibeli aman,” tukasnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: