News

Belum Ada Tanda Pengungsi Rohingya Mengarah ke Aceh

Ilustrasi, pengungsi Rohingya. (AFP)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ditpolairud Polda Aceh melakukan patrol rutin, dalam rangka mengantisipasi masuknya pengungsi Rohingya ke Indonesia.

Dir Polairud Polda Aceh Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro, sebelumnya juga menyebutkan ada sekitar 500 pengungsi Rohingya dengan menggunakan dua kapal sedang melintas hendak ke Malaysia dari Myanmar.

Mereka saat terakhir terlihat di perairan Pulau Andaman. Meski dengan tujuan Malaysia, kata Jemmy tidak menutup kemungkinan pengungsi Rohingya tersebut memasuki perairan Indonesia.

Untuk menindaklanjuti itu, pihaknya melakukan patrol udara untuk memantau langsung melalui udara. Pihaknya juga sudah melakukan patroli Laut yang sampai sekarang masih terus dilaksanakan oleh kapal-kapal dari Polairud Polda Aceh, maupun kapal yang ada di kesatuan Polairud polres jajaran polda Aceh.

Patroli udara yang dilakukan ini hari, Kamis, 14 Mei 2020 meliputi wilayah perairan Banda Aceh, Aceh Besar dan Kab Pidie. “Sampai saat ini belum ada di temukannya pengungsi Rohingnya (masuk perairan Indonesia),” ujarnya.

Pihaknya juga akan melakukan patroli laut dari udara di wilayah Bireun, Lhokseumawe, Aceh Timur. “Kegiatan patroli ini akan terus kita lakukan sekaligus untuk memantau perkembangan situasi saat ini,” ujarnya. (danI)

Shares: