News

Benarkah Kopi Hitam Bantu Penurunan Berat Badan?

Ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Kopi adalah minuman pagi paling populer dikonsumsi di seluruh dunia. Faktanya, populasi global mengonsumsi lebih dari 160 juta kantong kopi dalam setahun. Selain mendongkrak energi, ngopi juga disebut membantu penurunan berat badan.

Kopi hitam adalah minuman yang baik untuk menurunkan berat badan, selama kamu meminumnya dalam jumlah sedang dan tanpa banyak gula tambahan.

“Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan,” kata Ashley Shaw, RD, ahli diet terdaftar di Preg Appetit.

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, kalium, magnesium, dan antioksidan – yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Minuman berwarna hitam ini juga mengandung kafein, yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Nah, ketahui lebih dalam tentang minuman ini.

– Minuman rendah kalori

Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu saat kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar.

Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari 5 kalori per porsi (satu cangkir 230 ml). Namun, kopi hanya bisa menjadi minuman rendah kalori jika diminum tanpa campuran.

“Sementara kopi hitam rendah kalori, ia dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya,” kata Shaw.

– Kafein meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari.

Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan laju metabolisme basal (BMR), atau yang dikenal sebagai proses pembakaran kalori, bahkan saat kamu beristirahat.

Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

“Ada semakin banyak penelitian tentang bagaimana konsumsi kopi dikaitkan secara positif dengan BMR, namun penting untuk diingat bahwa kita memetabolisme makanan dan minuman pada tingkat yang berbeda. Kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme satu orang tetapi tidak yang lain,” kata Shaw.

– Kafein dapat mengurangi rasa lapar

Nafsu makan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang kamu makan, tingkat aktivitas fisik, dan hormon.

Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat untuk kafein yang dapat mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat mengurangi kadar ghrelin, yakni, hormon yang membuatmu merasa lapar.

“Kafein juga merangsang hormon kenyang peptida YY (PYY). Lebih banyak PYY berarti kamu akan merasa kenyang dan kurang (merasa) lapar,” kata Shaw.

Untuk menerima manfaat kesehatan dari kopi dan mencapai penurunan berat badan, batasi tidak lebih dari empat cangkir kopi berukuran 230 ml sehari, yang setara dengan 400mg kafein.

“Empat cangkir kopi sehari memungkinkan manfaat dari perasaan lebih terjaga dan metabolisme lemak yang lebih baik, sementara tidak terlalu banyak memengaruhi tidur dan rasa lapar,” kata Shaw.

Namun, jika kamu menyukai kopi kental, minumlah lebih sedikit dari empat cangkir agar tidak mendapatkan lebih dari 400 mg kafein per hari.

“Kopi yang diidentifikasi sebagai kopi yang kuat, lebih tinggi kandungan kafeinnya karena ada konsentrasi kopi yang lebih besar per porsi air,” kata Shaw.

Kopi hitam paling baik untuk menurunkan berat badan karena tidak mengandung gula atau lemak tambahan yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Namun, jika kamu lebih suka meminum kopi manis, pilih pemanis alternatif rendah kalori untuk digunakan, misalnya pemanis berbahan dasar buah seperti erythritol, pemanis nabati seperti stevia dan sirup yacon, dan alkohol gula seperti xylitiol dan maltitol.

Jika kamu adalah peminum baru minum kopi hitam, sebaiknya kurangi julah pemanis sampai kamu terbiasa dengan rasa pahit.

Selain itu, jika kamu memiliki kondisi perut yang sensitif, sebaiknya makanlah kudapan sehat bersama secangkir kopi.

Sumber: kompas

Shares: