NewsWisata

Berburu takjil buka puasa di Banda Aceh

Jelang berbuka puasa pertama di bulan ramadhan, hampir tiap sudut dan dipinggir jalan protokol di pusat Kota Banda Aceh, sediakan menu berbuka puasa. Segala jenis makanan dan minuman dijajakan para pedagang, dan hal yang paling menyenangkan adalah sembari menunggu berbuka, warga dapat hangout berburu takjil.
Berburu takjil buka puasa di Banda Aceh
Ilustrasi, warga Banda Aceh, saat membeli takjil berbuka puasa di hari pertama Ramadhan. FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

POPULARITAS.COM – Jelang berbuka puasa pertama di bulan ramadhan, hampir tiap sudut dan dipinggir jalan protokol di pusat Kota Banda Aceh, sediakan menu berbuka puasa. Segala jenis makanan dan minuman dijajakan para pedagang, dan hal yang paling menyenangkan adalah sembari menunggu berbuka, warga dapat hangout berburu takjil.

Salah satu kawasan yang ramai dipenuhi pedagang yang menjual menu berbuka, adalah kawasan bekas bioskop di Banda Aceh, yakni di Jalan Tgk Pulo Dibaroh, Kampung Baru. Disini, sore itu, Minggu (3/4/2022), penuh sesak para pembeli dan penjual yang menyediakan ragam jajanan berbuka.

Ditempat itu, para pedagang menjajakan makanan berbuka dengan menggelar lapak berupa meja-meja kecil berukuran 1×2 meter, dan semuanya jenis makanan tertutup rapat, dan bersih.

Pembeli dapat memilih berbagai jenis takjik, ada lemang, bubur sagu, bubur ketan hitam, ataupun berbagai jenis kue yang dikemas dengan wadah plastik. Tersedia juga ragam minuman, seperti air tebu, cendol, dan juga jus buah. Soal harga, di tempat ini sangat variasi, dari Rp1.000 hingga Rp10 ribu rupiah. Dengan bekal Rp50 ribu saja, warga dapat membawa pulang berbagai jenis makanan, dan minuman untuk disantap bersama keluarga saat berbuka.

Salah satu penjual beraneka ragam lauk pauk, Sukma (60) mengaku sangat bersyukur dengan hadir bulan penuh berkah ini.

“Alhamdulillah dengan bulan Ramadhan ini banyak rezeki, saya menjual gulai ayam, gulai bebek, ada kepala jelly juga. Dan dagangan saya sudah hampir habis. Untuk gulainya saya jual Rp 15 ribu, kepala jelly, kolak itu saya jual Rp 15 ribu per cup,” katanya kepada popularitas.com, Minggu (3/4/2022).

Sukma juga menjelaskan, pasar takjil dadakan tersebut mulai buka sore hari dan tutup saat waktu berbuka puasa.

“Banyak makanan disini yang di jual seperti, leumang, mie caluk, ikan bakar, aneka gorengan, semua ada. Pasar ini khusus bulan ramadhan aja dibuka, nanti kalau sudah waktu berbuka kami sudah tutup, ” Kata Sukma.

Sementara itu, Rahmad salah satu pemburu takjil mengatakan, ia setiap tahunnya membeli menu berbuka puasa di jalan Tgk Pulo Dibaroh karena terdapat ragam aneka menu berbuka yang ia suka.

“Hari pertama puasa sangat rame pemburu takjil, saya memang tiap tahun disini beli menu berbuka karena banyak jenis makanannya dan hargapun terjangkau,” katanya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: