News

Berikut prakiraan cuaca hari ini menurut BMKG

BMKG : Aceh berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir
Ilustrasi. FOTO : ANTARA Rahmad/aww.

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah ibu kota provinsi di Indonesia akan diguyur hujan ringan pada Sabtu (17/6/2023).

Dikutip dari situs BMKG Jakarta, beberapa ibu kota provinsi yang berpotensi hujan ringan, yakni Gorontalo, Jambi, Bandung, Samarinda, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, dan Kendari.

Wilayah Bandar Lampung berpotensi hujan sedang pada siang hari dengan kelembapan 75-100, serta Manado dengan kelembapan 65-95.

Banda Aceh, Serang, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, dan Makassar diperkirakan berawan.

Wilayah Jakarta Pusat berpotensi berawan pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari.

Beberapa ibu kota provinsi yang diprakirakan cerah dan berawan pada siang hari adalah Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Tarakan, Pangkal Pinang, Mataram, Padang, Palembang, dan Medan.

Kawasan Kupang dan Pekanbaru berpotensi cerah dengan suhu 22-34 derajat Celcius.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi banjir di sebagian wilayah Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Memasuki peralihan musim ke kemarau, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Pj Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi karhutla memasuki musim kemarau pada 2023.

“Grafik kejadian bencana sepekan 5-11 Juni 2023 tercatat 27 kejadian bencana, tujuh di antaranya karhutla yang mulai mendominasi sebagian wilayah Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Shares: