EkonomiNews

BI Aceh Siap Lahirkan Wirausaha Lokal Menjadi Pemain Tingkat Nasional

Bank Kepri Syariah salurkan Rp19 miliar pinjaman tanpa bunga bagi pelaku UMKM
Ilustrasi. (foto: Antara)

POPULARITAS.COM – Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani menyatakan, pihaknya bertekad untuk melahirkan wirausaha lokal menjadi pemain di tingkat nasional melalui program Wirausaha Bank Indonesia (WUBI).

“BI Aceh dan BI Lhokseumawe akan terus menjalin kerja sama untuk melakukan pengembangan UMKM,” kata Achris Sarwani seperti dilansir laman Antara, Sabtu (20/3/2021).

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima kunjungan silaturrahmi Kepala Perum LKBN Antara Biro Aceh, Azhari di Kantor Bank Indonesia Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.

UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.

Menurut dia pengembangan UMKM harus terus ditingkatkan baik dari segi kualitas produk, inovasi, pemasaran dan juga kemasan sehingga dapat bersaing dengan produk lainnya.

Ia mengatakan melalui program WUBI tersebut sangat efektif untuk melahirkan wirausaha yang kreatif, inovatif dan mampu menjadi pemain ditingkat nasional melalui pembinaan dan pendampingan yang dilakukan bank central tersebut.

Achris menyebutkan seminar entrepreneurship program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) 2021 diikuti 50 peserta UMKM Aceh yang lulus seleksi dari 130 peserta yang telah melewati proses pendaftaran dan seleksi administrasi.

Ada pun 50 UMKM yang ikut dalam seminar Entrepreneurship Wubi terdiri dari 13 Kabupaten yaitu masing-masing Bireuen 1 UMKM, Aceh Barat 4 UMKM, Aceh Besar 16 UMKM, Aceh Jaya 2 UMKM dan Aceh Tamiang 1 UMKM.

Selanjutnya Aceh Tenggara 1 UMKM, Aceh Timur 1 UMKM, Aceh Utara 1 UMKM, Pidie 2 UMKM, Banda Aceh 18 UMKM, Langsa 2 UMKM, Lhokseumawe 2 UMKM dan Sabang 1 UMKM.

Ia berharap UMKM di Aceh dapat menjadi semakin sukses dan berkembang secara digital dan memiliki kemampuan pemasaran dan semangat kewirausahaan yang baik, sehingga dapat menembus pasar ekspor.

Shares: