EkonomiNews

BI optimistis inflasi 2024 terkendali

Ahli: Penderita kolesterol tinggi boleh makan telur asal tak berlebih
Ilustrasi, pengunjung pasar memilih telur ayam di Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Senin (12/9/2022). Foto: Hendri Abik

POPULARITAS.COM – Bank Indonesia (BI) optimistis inflasi pada 2024 akan terkendali dalam kisaran sasaran 2,5±1 persen karena adanya dukungan kebijakan moneter Bank Indonesia yang pro-stability.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam keterangannya, Kamis (22/2/2024) mengatakan Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Januari 2024 tercatat sebesar 2,57 persen (year on year/yoy) menurun dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 2,61 persen (yoy) sehingga tetap berada dalam kisaran 2,5±1 persen.

Menurut Perry, penurunan inflasi yang terjadi pada inflasi inti merupakan hasil nyata konsistensi kebijakan moneter Bank Indonesia yang pro-stability serta sinergi erat kebijakan Bank Indonesia dengan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Inflasi inti menurun dari 1,80 persen (yoy) pada Desember 2023 menjadi 1,68 persen (yoy) pada Januari 2024, dipengaruhi oleh imported inflation yang rendah sejalan dengan tetap stabilnya nilai tukar Rupiah, ekspektasi inflasi yang terjangkar dalam sasaran, serta kapasitas perekonomian yang masih besar dan dapat merespons permintaan domestik. Inflasi administered prices relatif stabil sebesar 1,74 persen (yoy).

Sementara itu, inflasi volatile food meningkat menjadi 7,22 persen (yoy), terutama pada komoditas beras dan bawang karena dampak El-Nino, faktor musiman, dan bergesernya musim tanam. Untuk itu, sinergi pengendalian inflasi TPIP dan TPID melalui penguatan GNPIP di berbagai daerah terus diperkuat dalam mengendalikan harga pangan.

“Ke depan, Bank Indonesia meyakini inflasi 2024 tetap akan rendah dan terkendali dalam sasaran 2,5±1 persen,” tegas Perry.

Shares: