News

Biden Menang Lawan Trump: 306 Vs 232 Suara

Biden Optimis Memenangkan Pilpres AS
Joe Biden. (AP/Carolyn Kaster)

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden memperkuat kemenangannya dalam electoral vote dengan angka 306 lawan Trump 232 suara. Dalam persentase, Biden mendapatkan 50,8 persen sedangkan Trump 47,4 persen.

CNN memprediksi ini akan jadi kemenangan final untuk Biden melawan Trump sebagai Presiden AS.

CNN Projects menuliskan bahwa 20 suara elektoral dari Pennsylvania akan menempatkan Joe Biden sebagai Presiden AS ke 46 dengan perolehan angka lebih dari 270 suara yang dibutuhkan untuk menang.

Biden juga mendobrak tradisi di mana partainya, Demokrat berhasil menang di Arizon untuk pertama kalinya sejak 1996. Mengutip CNN, Biden berhasil memenangkan pertarungan dengan 11 electoral votes di Arizona.

Selain Arizona, Joe Biden unggul dalam pemilihan presiden (pilpres) di negara bagian Georgia. Biden merupakan calon dari Partai Demokrat pertama yang menang di Georgia sejak kemenangan Bill Clinton pada 1992 lalu atau 28 tahun silam.

Kemenangan Biden menambah 16 suara elektoral menjadi 306 suara. Angka itu sama dengan perolehan suara yang didapat Presiden AS Donald Trump pada 2016 lalu.

Di Georgia, persaingan Trump dan Biden terbilang sengit. Keduanya terpaut tipis dengan Biden mendapat 49,5 persen suara dan Trump 49,2 persen suara.

Untuk memenangkan pemilihan, kandidat membutuhkan 270 electoral votes. Namun masing-masing negara bagian memiliki jumlah electoral votes yang berbeda.

Sumber: CNN

Shares: