News

BKSDA benarkan penampakan harimau Sumatera di Mata Ie Aceh Besar

BKSDA benarkan penampakan harimau Sumatera di Mata Ie Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, membenarkan perihal adanya penampakan harimau Sumatera yang berkeliaran di kawasan Mata Ie, Aceh Besar, Jumat (19/4/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BKSDA Aceh, Ujang Wisnu Barata, dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024) di Banda Aceh. “Iya, kita sudah turunkan tim dan benar ada jejak-jejak kaki harimau,” katanya.

Dia menjelaskan, usai mendapatkan laporan dari prajurit TNI perihal adanya penampakan harimau Sumatera di lapangan tembak di kawasan Mata Ie, pihaknya bersama personil TNI melakukan pengecekan kelapangan. 

Saat ini, lanjutnya, BKSDA juga telah memasang kamera trap guna memastikan keberadaan harimau sumatera diwilayah tersebut. “Iya, sudah kita pasang kamera trap,” ujarnya.

Namun, dari hasil pengecekan jejak yang ada di lokasi, pihaknya memastikan bahwa terdapat tiga ekor jenis harimau yang melintas di kawasan tersebut, tambahnya. Diperkirakan, sambungnya kemudian, harimau-harimau tersebut terdiri dari satu ekor induk dan dua anaknya, lanjut Ujang.

Sebelumnya, beredar informasi seorang prajurit TNI melihat seekor harimau ketika sedang memotong rumput di lapangan tembak Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (19/4) sekira pukul 10.15 WIB.

Ujang melanjutkan, pihaknya telah memasang kamera trap sebagai upaya mencegah agar harimau tersebut tidak turun ke permukiman warga.

Shares: