EkonomiNews

BLK Banda Aceh Gelar Workshop Matching Program, Dunia Industri Dan FKLPID

POPULARITAS.Com– Dalam Rangka Mendapatkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya, sekaligus bentuk sinergisitas antara swasta dan pemerintah, Balai Latihan Kerja Banda Aceh Menggelar Workshop Matching Program, Sumber Daya Pelatihan, Workplace dan Pasar Kerja, yang digelar pada 10 hingga 12 Desember 2020.

Kegitan yang di digelar di salah satu hotel di Banda Aceh ini dibuka langsung oleh Kepala BLK Banda Aceh Teguh Sulistiyono, S.E., M.Si Kamis malam (10/12/2020).

Selain dihadiri Kepala BLK Banda Aceh, acara ini juga dihadiri oleh Kasi Penyelenggaraan Pelatihan Kerja Direktorat Bina Stankomlatker Kementrian ketenagakerjaan Rini Hardwiyanti S.IP, Kadisnakermobduk Prov Aceh, diwakili Samsul Rizal S.E (Bidang pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja, dan Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja dengan Industri Daerah (FKLPID), Muhammad Ikhsan S. E, Msi.

Workshop Matching Program, Sumber Daya Pelatihan, Workplace dan Pasar Kerja, diikuti 50 peserta yang berasal dari anggota FKLPID, Dunia Industri (Dudi) dan Asosiasi dilingkungan Provinsi Aceh.

Acara diawali dengan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) antara BLK Banda Aceh dan Sejumlah Asosiasi.

Penandatangan MOU ini dilakukan sebagai komitmen para pihak untuk menjalin kerjasama dan sinergisitas dalam menciptakan tenaga kerja yang siap pakai sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Kepala BLK Banda Aceh Teguh Sulistiyono, S.E., M.Si menyebutkan, kegiatan ini seyogyanya dilakukan untuk menanggulangi masalah pengangguran yang ada di Aceh. Selain itu kegiatan yang dilakukan ini bertujuan melakukan matching atau menyamakan program pelatihan serta workplace sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.  Selanjutnya melakukan pengenalan kebijakan pelatihan berbasis kompetensi dan grand desain vokasi.

Mengenalkan peran dan fungsi Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja dengan Industri Daerah ( FKLPID), Mendapatkan data proyeksi kebutuhan tenaga kerja per sector Prov Aceh (AKL,AKAD) tahun 2021. Memberikan pemahaman masifikasi pelatihan melalui optimalisasi workplace. Melakukan Brainstorming overview program pelatihan tahun 2021 serta melakukan Mapping kebutuhan riil industri sesuai pasar kerja.

Menurut Teguh Sulistiyono Sebagai salah satu institusi Pemerintah yang berada dibawah Kementrian Ketenagakerjaan, BLK Bertanggung jawab sangat besar untuk meningkatkan kompetensi dan melaksanakan sertifikasi bagi masyarakat. Diharapkan dengan tingkat kompetensi yang semakin meningkat dan dibekali sertifikat kompetensi, tingkat pengangguran akan semakin berkurang.

“Dimasa Pandemi Covid 19 semua aspek sosial ekonomi maupun budaya sangat berdampak, Kita mencoba mencari terobosan dengan melakukan kolaborasi dan kerjasama saling membantu dengan berbagai pihak agar semua kendala yang dihadapi dapat diselesaikan” ujar kepala BLK.

Sementara itu Direktur Bina Stankomlatker Kementrian ketenagakerjaan Rini Hardwiyanti S.IP menyebutkan situasi Pandemi Covid 19 mengakibatkan geliat dunia usaha menurun yang berimbas kepada Pemutusan Hubungan Kerja bagi sejumlah pekerja. Salah satu terobosannya adalah dengan mengadakan berbagai pelatihan kerja agar meningkatkan SDM, khususnya bagi yang terkena PHK agar mereka dapat kembali bekerja dengan normal karena telah memiliki kompetensi.

Narasumber Workshop Matching Program, Sumber Daya Pelatihan, Workplace dan Pasar Kerja ini akan diisi dengan sejumlah materi yang disampaikan oleh Direktorat Bina Standarisasi dan program pelatihan kerja, Disnakermobduk, FKLPID dan BLK Banda Aceh. *

Shares: