News

BMKG: Aceh berpotensi hujan lebat

BMKG: Banda Aceh berpotensi diguyur hujan pada siang hari
Pengendara sepeda motor menerobos hujan di kawasan Alun-alun Selatan, Yogyakarta, Selasa (8/11/2022). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/TOM.

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur sebagian besar wilayah di Tanah Air hari ini.

Dikutip dari laman resmi BMKG, di Jakarta, Jumat (2/12/2022), wilayah Aceh dan sekitarnya berpotensi hujan lebat dan angin kencang. Begitu juga di wilayah Bali, ujan lebat akan mengguyur kota tersebut dengan durasi singkat di Bali Utara dan Timur.

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Bangka Belitung pada pagi dan siang hari. Sementara itu, hujan dengan intensitas yang sama akan mengguyur wilayah kabupaten Lebak bagian Timur dan Kabupaten Tangerang bagian Selatan provinsi Banten pada hari ini.

Pada pagi hingga dini hari, Bengkulu akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang.

Gorontalo juga diminta waspada terhadap hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di sebagian wilayahnya. Begitu pula di Jambi yang akan turun hujan lebat pada siang, sore hingga malam hari.

Pada provinsi Jawa Barat, sebagian besar wilayahnya akan berpotensi hujan yang dapat disertai angin kencang pada rentang waktu siang/sore hingga malam hari. Jawa Timur juga berpotensi hujan dan angin kencang di beberapa kabupaten.

Hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat dengan durasi singkat. Begitu juga dengan Kalimantan Selatan yang akan turun hujan di siang atau sore hari.

Waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kalimantan Timur seperti Balikpapan, Balikpapan Kota, Sendawar, Damai, dan sekitarnya. Dan waspada potensi banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang di wilayah Kalimantan Selatan.

Waspada juga pada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir pada sore hingga dini hari di wilayah Kalimantan Utara.

Lampung pada hari ini berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang di sebagian wilayahnya pada siang, sore hingga malam hari. Hal yang sama juga akan terjadi di wilayah Maluku dengan durasi singkat dan Maluku Utara pada siang atau sore hari, yang dapat mengakibatkan banjir di beberapa wilayahnya.

Nusa Tenggara Barat perlu waspadai adanya potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang di sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, dan Sumbawa pada siang hingga sore hari.

Sementara di Nusa Tenggara Timur dan beberapa wilayahnya berpotensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang dengan berdurasi singkat.

Papua dan sebagian wilayahnya seperti Kabupaten Biak Numfor, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mimika, Asmat, Mappi, dan Boven Digoel akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Riau dan Sulawesi Barat akan berpotensi hujan sedang hingga lebat pada sore sampai malam hari. Begitu juga dengan Sulawesi Selatan yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi.

Sulawesi Tengah berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sementara itu di wilayah Sulawesi Utara, hujan sedang hingga lebat akan mengguyur wilayah tersebut. Sumatera Utara juga akan hujan dengan intensitas yang sama pada siang hingga sore hari.

Sumatera Selatan juga berpotensi hujan sedang hingga lebat berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari dan malam hingga dini hari pada sebagian wilayahnya. Hujan dengan intensitas sama juga akan terjadi di Sumatera Utara pada sore dan malam hari.

Sedangkan wilayah Jawa Tengah sebagian besar wilayahnya akan hujan ringan hingga sedang serta berawan dan Papua Barat akan hujan ringan. (ant)

Shares: