News

BMKG : Gelombang empat meter berpeluang terjadi di perairan Sabang dan Barat Aceh

BMKG ingatkan gelombang setinggi 4 meter di perairan Sabang
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto: int

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ingatkan warga tentang potensi gelombang tinggi di perairan Sabang dan Barat Selatan Aceh. Menurut lembaga resmi negara itu, ombak setinggi 2,5 meter hingga 4 meter, berpeluang terjadi di perairan tersebut.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo dalam keterangannya, Minggu (6/8/2023) mengatakan, potensi ombak tinggi akan terjadi pada Minggu dan Senin di tanggal 6-7 Agustus 2023.

Selain di proyeksi terjadi di perairan utara Sabang dan Barat Selatan Aceh, juga berpotensi di Simeulue, Bengkulu, Enggano-barat Lampung.

baca juga : Angin kencang landa Sabang, warga diminta waspada

Untuk itu, sambungnya, pihaknya meminta kepada masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga empat meter itu.

Dia menjelaskan, penyebab gelombang tinggi di perairan tersebut, dikarenakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar, perairan Bitung-Likupang, perairan Kep. Sitaro, perairan utara Sorong, perairan selatan Sermata-Tanimbar, Laut Arafuru,” paparnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: