News

Angin kencang landa Sabang, warga diminta waspada

Masyarakat Simeulue diminta waspadai cuaca ekstrem
Ilustrasi, sejumlah warga membersihkan pohon yang tumbang i akibat angin kencang dan cuaca ekstrem di kawasan Keutapang, Darul Imarah, Aceh Besar, Aceh, Minggu (29/5/2022). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nz)

POPULARITAS.COM – Angin kencang dan gelombang tinggi masih melanda Kota Sabang. Berdasarkan analisa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Kota Sabang, serta data-data klimatologi Stasiun Meteorologi Maimun Saleh Sabang, kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga 6 Juli 2023.

Kepala Stasiun BMKG Maimun Saleh Sabang Teguh Suprapto dalam keterangannya, Senin (3/7/2023) mengatakan, menurut peta prakiraan BMKG per tanggal 02 Juli 2023, angin berada di lapisan 3000 feet, sementara kecepatan angin tertinggi terpantau mencapai lebih dari 40 km/jam.

“Kondisi cuaca ini perlu diwaspadai karena angin masih lumayan kencang,” kata Teguh Suprapto.

Kondisi tersebut, kata dia, dapat mengakibatkan kenaikan tinggi gelombang di wilayah perairan Sabang dan sekitarnya hingga mencapai lebih dari 2.5 meter. Untuk Perairan Barat dan Utara Sabang per tanggal 2-6 Juli 2023, gelombang laut dapat mencapai ketinggian antara 2,5 meter-4,0 meter (tinggi).

“Jadi bagi masyarakat yang beraktivitas di laut, seperti nelayan dan kapal-kapal pelayaran supaya betul-betul memperhatikan kondisi cuaca, lebih waspada dan tidak memaksakan diri ketika cuaca memburuk hingga kondisi kembali membaik,” ujarnya.

Teguh juga meminta masyarakat Sabang untuk senantiasa waspada terhadap potensi cuaca buruk dan diharapkan bisa melakukan mitigasi atau adaptasi terkait dengan fenomena alam tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat agar waspada terhadap pohon-pohon tinggi, tiang listrik dan baliho yang berpotensi tumbang/roboh yang dapat membahayakan keselamatan. Jika cuaca semakin ekstrem, sementara waktu agar tidak beraktifitas di luar ruangan hingga kondisi cuaca kembali membaik,” imbaunya.

Dia menambahkan, masyarakat harus terus memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG. Sementara itu, pihaknya akan terus memperbaharui informasi dan akan melakukan peringatan dini jika cuaca memburuk.

Shares: