News

BMKG : Hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di Aceh

BMKG perkirakan hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan Landa Aceh, dan termasuk sejumlah daerah lainnya di Indonesia.
Wilayah Aceh berpotensi hujan badai disertai angin kencang dan petir
Ilustrasi petir. Foto: net

POPULARITAS.COM – BMKG perkirakan hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan Landa Aceh, dan termasuk sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

Perkiraan BMKG, peristiwa itu akan terjadi pada Kamis (9/6/2022). Selain itu, daerah lain yang mengalami hal serupa adalah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

BMKG juga memperingatkan gelombang tinggi 2,5-4 meter terjadi di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano – Bengkulu, Perairan

Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Barat-Selatan, Teluk Lampung bagian Selatan, dan Perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba.

Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Selat Bali – Lombok – Alas bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa – Nusa Tenggara Timur, Perairan Pulau Sawu – Rote, Laut Timor, Perairan Selatan Sermata hingga Tanimbar, dan Laut Arafuru.

Peringatan dini gelombang tinggi tersebut berlaku hingga 10 Juni pukul 07.00 WIB. Bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Shares: