News

BMKG ingatkan bencana hidrometeorologi masih berpotensi terjadi di barat Aceh

Masyarakat Aceh Timur diminta siaga banjir
Ilustrasi, banjir di Aceh Utara, Rabu (5/10/2022). Foto: Humas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kabupaten/kota di wilayah pantai barat selatan Aceh masih berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi hingga dua hari ke depan.

“Penyebab dari cuaca seperti ini karena terdapat daerah konvergensi di wilayah Barat Aceh,” kata Prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Almyra Aprilianti, dikutip dari laman Antara, Senin (10/7/2023).

Adanya daerah konvergensi di wilayah barat Aceh, kata dia, juga diprakirakan dapat memicu adanya penumpukan massa udara di wilayah tersebut, sehingga dapat mengakibatkan terbentuknya awan-awan konvektif penyebab terjadinya hujan.

Adapun potensi bencana yang dapat terjadi, kata Almira, yaitu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Berdasarkan pengamatan citra satelit, lanjutnya, saat ini di beberapa wilayah pantai barat selatan Aceh masih diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Hal ini, kata dia, tentu akan berdampak secara langsung bagi masyarakat yang akan berpergian dan melakukan aktivitas di luar rumah.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai adanya kemungkinan potensi hujan, yang dapat disertai petir dan juga angin kencang,” ujar Almira Aprilianti.

Shares: