News

BMKG ingatkan gelombang setinggi 4 meter di perairan Sabang

BMKG ingatkan gelombang setinggi 4 meter di perairan Sabang

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ingatkan masyarakat pesisir, nelayan dan pengguna transportasi laut, terkait dengan potensi gelombang tinggi setinggi 4 meter di perairan Sabang.

Peringatan itu, disampaikan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, Senin (14/8/2023). Dia menyebutkan, gelombang tinggi akan terjadi pada 14-15 Agustus 2023, dengan tingginya diperkirakan capai 2,5 meter hingga 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” kata Eko Prasetyo.

Eko menyampaikan bahwa peningkatan tinggi gelombang antara lain dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia.

Menurut dia, angin dominan bergerak dari tenggara ke selatan dengan kecepatan 5-25 knot di wilayah Indonesia bagian utara. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, angin dominan bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan 8-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan Kepulauan Nias, perairan selatan Banten, Laut Banda, Laut Arafuru, dan perairan Merauke,” katanya.

Editor : Hendro Saky

Shares: