EdukasiNews

USK Banda Aceh akan buka program studi hubungan internasional

USK Banda Aceh akan buka program studi hubungan internasional
Rektor USK Prof Dr Ir Marwan saat memberikan sambutan pada FGD pembukaan Prodi Hubungan Internasional USK, di Balai Senat kampus setempat.

POPULARITAS.COM – Jurusan hubungan internasional, segera dibuka di kampus Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Saat ini, proses perampungan telah dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) kampus tersebut.

Dekan FISIP USK Mahdi Syahbandir, dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024) di Banda Aceh mengatakan, program studi hubungan internasional (HI), nantinya akan fokus pada diplomasi humaniter terkait dengan isu-isu kemanusiaan dan promosi humanitarian dalam hubungan internasional.

“Kita sudah siap mendirikan Prodi HI,” katanya dikutip dari laman Antara.

Ia menjelaskan, untuk pembentukan Prodi baru tersebut pihaknya telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengguna Lulusan Prodi Hubungan Internasional FISIP USK.

“FISIP USK telah melakukan sejumlah tahapan untuk pembentukan Prodi HI, termasuk FGD yang bertujuan untuk mendapatkan masukan berbagai pihak,” katanya.

Pihaknya menilai Prodi Hubungan Internasional ini sangat penting menyusul berkembangnya isu-isu internasional.

Rektor USK Prof Marwan mengatakan, pihaknya memberi dukungan penuh agar Prodi HI ini bisa segera terbentuk. Di mana USK telah berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), sehingga memiliki kewenangan untuk membentuk prodi baru.

“Secara historis Aceh memiliki relasi yang kuat dengan dunia internasional. Di mana pada masa lalu masyarakat Aceh sudah terbiasa membangun diplomasi atau jejaring dengan negara luar, baik itu Turki, Eropa, bahkan sampai Amerika,” katanya.

Menurut dia, lewat Prodi Hubungan Internasional tersebut bisa menggali nilai-nilai sejarah dan menyiapkan SDM Aceh yang lebih berkompeten untuk mengisi berbagai posisi terkait hubungan internasional,” katanya.

Shares: