News

BMKG ingatkan masyarakat Aceh waspadai banjir akibat fenomena hilal

BMKG ingatkan masyarakat Aceh waspadai banjir akibat fenomena hilal
Fenomena Super Blue Moon, warga Aceh diminta waspadai banjir rob
Ilustrasi, banjir rob menggenangi lapak pedagang. (popularitas/Rizkita)

POPULARITAS.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai banjir pesisir (rob) yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, termasuk Aceh.

Kepala Bidang Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo dikutip dari laman Antara, Selasa (17/1/2023), mengatakan potensi banjir rob tersebut terjadi akibat fenomena fase bulan baru.

“Adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bertepatan dengan perigee (jarak terdekat bulan dengan bumi) pada 21 Januari 2023 berpotensi menambah ketinggian pasang laut maksimum,” kata Eko Prasetyo.

Selain pesisir Aceh, kata dia, berdasarkan pantauan data tinggi muka air dan prediksi pasang surut, banjir rob juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, antara lain pesisir Sumut, pesisir Sumbar, pesisir Lampung, pesisir Kep. Riau, pesisir Bangka Belitung, pesisir utara DKI Jakarta.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Bali, Pesisir Nusa Tenggara Barat, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, Pesisir pesisir Maluku Utara, pesisir Maluku, pesisir utara Papua, dan pesisir Papua Selatan.

“Potensi banjir rob ini berbeda-beda pada waktu siang dan jam yang berbeda di setiap daerah, secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir,” ujar Eko Prasetyo.

Dia mengatakan, beberapa kegiatan yang terdampak adalah kegiatan bongkar muat di pelabuhan, kegiatan di pemukiman pesisir, serta kegiatan tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap mengantisipasi dampak pasang laut maksimum serta mencermati update informasi cuaca maritim dari BMKG,” ujarnya.

Shares: