News

BMKG prakirakan Aceh diguyur hujan lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan turun di wilayah sejumlah provinsi di Indonesia dengan intensitas lebat sampai yang lebih ringan serta dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada hari ini, termasuk di wilayah Provinsi Aceh.
Hujan lebat berpotensi terjadi disebagian wilayah Aceh
Ilustrasi hujan (popularitas/Dani)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan turun di wilayah sejumlah provinsi di Indonesia dengan intensitas lebat sampai yang lebih ringan serta dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada hari ini, termasuk di wilayah Provinsi Aceh.

Dalam peringatan dini cuaca BMKG yang diakses dari Jakarta, Selasa (14/6/2022), selain Aceh, potensi hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan terjadi di Riau, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur. Sementara Kalimantan Utara dapat mengalami angin kencang pada hari ini.

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan petir berpotensi turun di Jakarta Barat pada siang hari, dan hujan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Jakarta Selatan serta Jakarta Timur pada rentang waktu yang sama.

Sementara itu, hujan ringan dapat terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari serta Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

BMKG memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Kategori waspada juga berlaku pada hari ini untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara. (ANT)

Shares: