News

BNPB: Jawa dan Aceh Daerah Paling Sering Terjadi Bencana di 2019

Banjir | Foto: Ist

JAKARTA (popularitas.com) – Jawa dan Aceh menjadi daerah yang paling sering terjadi bencana dari Januari hingga November 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Pusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat, 29 November 2019.

Menurut dia, selama kurun waktu tersebut, terjadi bencana di Aceh totalnya sebanyak 166 kali selama Januari hingga November, dan di Jawa Tengah jumlahnya mencapai 802, Jabar 644, dan Jatim 523.

“Sisi distribusinya, di Aceh sebanyak 12 kali bencana, Sumatera Utara 2 kali. Dan yang paling banyak di Jawa Timur, sebanyak 63 kali, ini untuk kejadian di bulan November saja,” kata Agus dalam pemaparan.

“Kalau kita lihat dari segi kabupaten paling banyak, yakni Bogor sebanyak 111 kejadian, Kota Semarang 72, Majalengka 65, Magelang 63, dan Sukabumi 59,” sambungnya.

Kemudian, lanjut Agus, di Jawa paling sering terjadi bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan angin puting beliung.

“Kalau kita pisahkan, yang sering terjadi adalah kabupaten Gresik, kabupaten Garut, kabupaten Bogor. Kemudian paling banyak meninggal di Jayapura,” tuturnya.

Kejadian bencana, Agus menambahkan, masih akan terjadi pada Desember yang jumlahnya akan mengalami kenaikan.

“Ini masih ada bulan Desember. Masih bisa meningkat tapi kita harapkan tidak terjadi,” ucapnya.

“Jumlah yang meninggal, jauh. Karena pada tahun ini bencana geologis boleh dikatakan tidak ada. Kalau tahun kemarin ada gempa, di Lombok, ada Sulteng, satu lagi tsunami Banten. Bencana yang paling berbahaya di Indonesia adalah gempa,” tambah Agus.

Selanjutnya, kata Agus, untuk bencana di Sumatera Barat, terjadi banjir di dua kabupaten, yakni di Agam dan Solok Selatan. Dan sampai saat ini sudah ditangani dengan baik. Bantuan sudah bisa masuk.

“Di Agam ada korban jiwa 1 orang. Sedangkan Di Solok Selatan tidak ada korban jiwa. Sementara yang terdampak ada 6.646,” tandasnya.*

Sumber: Akurat.co

Shares: