News

Pemkab Aceh Utara studi banding di MPP Aceh Besar

Pemkab Aceh Utara studi banding di MPP Aceh Besar
Delegasi Pemkab Aceh Utara, saat kunjungi MPP Lambaro, Jumat (17/2/2023). FOTO : Humas Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pemkab Aceh Utara lakukan kunjungan studi ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kabupaten Aceh Besar di Lambaro, Jumat (17/2/2023). 

Delegasi Pemkab Aceh Utara itu, dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Adami, dan sejumlah ASN dan staf dari daerah tersebut.

Studi banding yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Utara tersebut, guna melihat keberhasilan pelayanan yang dilakukan oleh Aceh Besar di MPP Lambaro.

Di Mal Pelayanan Publik Lambaro sendiri, saat ini masyarakat dapat dengan mudah melakukan berbagai aktivitas terkait dengan administrasi pelayanan, dari membuat KPT, izin usaha, serta persidangan terkait dengan sengketa syariah tanpa harus ke pusat ibukota kabupaten di Jantho.

MPP Lambaro sendiri, sebelumnya merupakan gedung dan bangunan yang mangkrak. Sejak era Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, tempat itu telah dimaksimalkan sebagai sarana dan fasilitas untuk melayani masyarakat terkait dengan berbagai administrasi, izin, dan lainnya.

Keberadaan MPP Aceh Besar di Lambaro itu, telah menarik banyak pihak untuk datang dan melakukan kajian. Beberapa kabupaten dan kota di Aceh nyatakan minat dan ketertarikannya untuk mereplikasikan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah tersebut untuk diterapkan di wilayah masing-masing.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Utara, Drs Adamy nyatakan kagum atas ragam fasilitas layanan yang diberikan oleh MPP Lambaro. Karena itu, pihaknya datang kesini untuk studi banding guna mendapatkan banyak pelajaran penting untuk diterapkan di tempatnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Besar M Ali, yang menerima delegasi Pemkab Aceh Utara itu menjelaskan, saat ini terdapat 22 counter yang tersedia untuk memberikan pelayanan kepada warga.

Di MPP Lambaro ini, sambungnya, pelayanan yang diberikan tidak hanya soal administrasi kependudukan, namun bisa buat paspor, izin usaha, dan juga layanan persidangan.

“Mewakili Pak Bupati, saya meyampaikan terimakasih kepada jajaran Pemkab Aceh Utara yang berkenan studi banding ke sini,” kata M Ali.

Saat ini, sambung M Ali lagi, dibawah kepemimpinan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, jajarannya akan terus tingkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang prima sebagai bagian dari meningkatkan kesejahteraan rakyat di daera ini.

Pemkab Aceh Besar sendiri, tukasnya, berkomitmen tinggi untuk tingkatkan kuaitas pelayanan publik, dan mengintegrasikan seluruh sistem layanan secara one stop service atau satu pintu di MPP Lambaro.

Keberadaan MPP Lambaro ini sendiri, merupakan amanat dari Perpres Nomor 89 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. 

Dengan begitu, ujarnya lagi, kehadiran MPP Lambaro ini diharapkan dapat lebih mendekatkan pelayanan kepada warga, dengan efisien, efektif, dan terjangkau, papar M Ali.

Shares: