News

BPBA kumpulkan darah 32 kantong

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) kembali melaksanakan donor darah rutin ke-VI kerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh, Jumat (4/3/2022).
Donor darah di BPBA, Jumat (4/3/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) kembali melaksanakan donor darah rutin ke-VI kerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh, Jumat (4/3/2022).

Kepala Pelaksana BPBA, Abi Ilyas menyebutkan, dalam kegiatan itu, jumlah darah yang berhasil dikumpul mencapai 32 kantong. Angka ini melebihi target sebelumnya yaitu 30 kantong.

Abi menambahkan gerakan tersebut telah dicanangkan oleh Pemerintah Aceh dan mengikutsertakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh.

“Upaya pelaksanaan donor darah rutin di lingkungan kerja BPBA, merupakan bagian kepedulian bersama untuk menolong sesama yang membutuhkan bantuan darah, sesuai dengan tujuan gerakan donor darah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Aceh,” kata Abi Ilyas.

Kata Abi Ilyas, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seseorang saat melakukan donor darah. Di samping mendapatkan pahala juga manfaat kesehatan.

“Di antaranya dapat meningkatkan produksi sel darah dan menjaga kesehatan jantung,” Abi Ilyas.

Sekretaris BPBA, Ir. Muhammad Syahril, MM menyampaikan, gerakan donor darah di BPBA diikuti oleh pejabat, dan staf di lingkungan BPBA dan tenaga outsourcing BPBA.

Kegiatan ini, kata Syahril, rutin dilakukan sejak tahun 2020 sampai 2022. Artinya. Donor darah kali ini, merupakan yang ke-VI kalinya dilaksanakan di BPBA dan perdana di tahun 2022 ini.

Kepala Seksi Rekonstruksi BPBA, Mukhsin Syafii menambahkan, dari jumlah keseluruhan calon pendonor, ASN (PNS dan tenaga kontrak) serta tenaga outsourcing di lingkungan BPBA, terdapat juga calon pendonor yang gagal menyumbang darahnya.

Hal itu, kata Mukhsin, diakibatkan oleh barbagai faktor antara lain terkendala karena tensi darah tidak stabil, baru konsumsi obat dan HB rendah serta karena alasan lainnya.

“Seperti baru melakukan operasi dan pasca vaksin Booster,” kata Mukhsin yang juga koordinator donor darah BPBA.

Shares: