News

BPBD Aceh Barat ingatkan warga waspadai cuaca ekstrem hingga Desember

BPBD Aceh Barat ingatkan warga waspadai cuaca ekstrem hingga Desember
Ilustrasi, longsor di Aceh Tengah, Senin (11/5/2020) dini hari. Foto: BPBA

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem hingga bulan Desember 2022.

“Potensi cuaca ekstrem ini akan berdampak terhadap terjadinya banjir, tanah longsor, angin puting beliung, serta sejumlah bencana alam lainnya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Mukhtaruddin, dikutip dari laman Antara, Senin (26/9/2022).

Ia menjelaskan, potensi ancaman cuaca ekstrem itu diperoleh setelah pihaknya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan BMKG.

Menurut Mukhtaruddin, penyebab terjadinya potensi cuaca ekstrem di wilayah pantai barat selatan Aceh, termasuk di Aceh Barat tersebut terjadi akibat adanya Dipole Mode Index (DMO).

“DMO tersebut menyebabkan terjadinya penguapan air yang tinggi sehingga menimbulkan curah hujan yang tinggi pula, sehingga dapat berpotensi terjadinya banjir,” katanya.

Selain itu, faktor DMO tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya angin puting beliung, badai, dan potensi bencana alam lainnya yang diakibatkan oleh tingginya penguapan air di udara.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), pesisir atau pantai, dan kawasan rawan banjir, agar dapat mewaspadai potensi cuaca ekstrem tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“BPBD Aceh Barat juga mengimbau masyarakat agar segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk BPBD apabila terjadi bencana alam di desa masing-masing guna mendapatkan penanganan segera,” demikian Mukhtaruddin.

Shares: