News

BPBD Aceh Singkil belum menerima informasi dampak gempa

Dampak gempa M 6,2 di Aceh Singkil masih didata
Gempa magnitudo 6,2 guncang Aceh Singkil. Foto: BMKG

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil menyatakan belum menerima laporan kerusakan akibat gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah tersebut pada Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB.

Petugas Pusdalops BPBD Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Dewi dalam keterangannya yang dikutip dari laman Antara, Senin (16/1/2023) menyampaikan, saat ini pihaknya terus memantau dan melaporkan perkembangan usai gempa yang melanda wilayah tersebut.

Rosiana menjelaskan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan semua pihak dan belum menerima kerugian materiil maupun korban jiwa.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik dan khawatir dengan berbagai informasi yang beredar, karena menurut informasi BMKG tidak ada gempa susulan,” kata Rosiana.

Meski demikian, tambah dia, BPBD tetap meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta waspada terhadap potensi bencana yang melanda daerah tersebut.

Sebelumnya diberitakan, gempa bermagnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Aceh Singkil pada Senin (16/1/2023) sekitar pukul 05.30 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa berada pada posisi 1.91 lintang utara, 97.83 bujur timur atau berada di laut 47 kilometer tenggara Kabupaten Aceh Singkil.

#Gempa (UPDATE) Mag:6.2, 16-Jan-23 05:30:01 WIB, Lok:1.91 LU, 97.83 BT (Pusat gempa berada di laut 47 km Tenggara Kab. Aceh Singkil), Kedlmn:23 Km Dirasakan (MMI) IV Gunung Sitoli, III – IV Subulussalam, II – III Padang Sidempuan, III – IV Aceh Selatan #BMKG,” tulis BMKG di akunnya @infoBMKG.

BMKG juga menyebutkan, gempa yang memiliki kedalaman 23 kilometer ikut dirasakan hingga Gunung Sitoli, Subulussalam, Padang Sidempuan, Aceh Selatan dan beberapa daerah lainnya.

Shares: