News

Brimob tempatkan jenderal bintang satu di Aceh Timur

Komandan Korps Brimob Polri Komjen Pol Anang Revandoko memberi keterangan kepada wartawan di lapangan Mako Korps Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri.

POPULARITAS.COM – Komandan Korps Brimob Polri Komisaris Jenderal Polisi Anang Revandoko, Jumat (10/3/2023), melantik tiga komandan pasukan baru Korps Brimob Polri, sekaligus meresmikan struktur organisasi baru, yakni Pasukan Brimob I, Pasukan Brimob II, dan Pasukan Brimob III.

Untuk Pasukan Brimob I, Anang menunjuk Brigadir Jenderal Polisi Firly Ruspang Samosir sebagai Komandan Pasukan (Danpas).

Jenderal bintang satu yang berkedudukan di Desa Alue Kumbang, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh itu akan bertanggung jawab untuk wilayah barat Indonesia.

Kemudian, Komandan Pasukan Brimob II Polri Brigjen. Pol. Arif Budiman berkedudukan di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dan akan bertanggung jawab untuk wilayah tengah Indonesia.

Berikutnya, Komandan Pasukan Brimob III Polri Brigjen. Pol. Gatot Haribowo berkedudukan di JI. Raya Trans Nabire, Kampung Iwaka, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua, dan akan bertanggung jawab untuk wilayah timur Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Anang menjelaskan, pembentukan pasukan tersebut bertujuan untuk mempercepat penanganan konflik di masing-masing wilayah.

Dia menjelaskan konteks sejarah yang menjadi latar belakang terbentuknya struktur organisasi baru bagi Brimob.

Ia menjelaskan bahwa konflik di suatu wilayah atau daerah, ketika tidak ditangani dengan cepat, menyebar ke daerah lain dan justru menjadi lebih besar.

“Ini bagian kami melakukan kanalisasi dan percepatan dalam konteks supaya masalah tidak melebar dan bisa melakukan tindakan lebih awal,” kata Anang, dikutip dari laman Antara, Jumat (10/3/2023).

Dalam kesempatan sama, Komjen Anang juga mengingatkan kepada seluruh pasukan Brimob bahwa sikap dan tindakan Brimob harus dan hanya berorientasi kepada kepentingan negara dan bangsa.

“Setiap Brimob sejati, dalam otak, pikiran, dan sikap mereka, tertanam sikap dan tindakan Brimob harus dan hanya berorientasi kepada kepentingan bangsa dan negara. Ini harus tertanam pada setiap pasukan Brimob sejati,” ucap Anang.

Melalui struktur organisasi baru ini, Anang berharap agar pasukan Brimob dapat hadir lebih dekat dengan masyarakat, memberikan pelayanan dan dapat mengayomi dengan maksimal.

Shares: