InsfrastrukturNews

BSI salurkan BSPS kepada 9.576 masyarakat Aceh

Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional I Aceh, menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 9.576 warga di provinsi ujung barat Sumatra tersebut.
BSI salurkan BSPS kepada 9.576 masyarakat Aceh
Regional CEO BSI RO I Aceh, Wisnu Sunandar (2 dari kiri), Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera I, Teuku Faisal Riza, (paling kiri) dan Kasatker Penyediaan Perumahan Prov. Aceh Diaz Rossano (2 dari kanan) Serta PPK Rumah Swadaya Prov Aceh, M. Anggit Qadri (paling kanan) ketika Penandatanganan Adendum MoU antara BSI dengan Satker Penyediaan Perumahan Prov. Aceh, terkait Penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Prov. Aceh, Jumat (10/9).

POPULARITAS.COM – Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional I Aceh, menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 9.576 warga di provinsi ujung barat Sumatra tersebut.

Regional CEO BSI Aceh, Wisnu Sunandar, dalam keterangannya, Jumat (10/9/2021), mengatakan, penyaluran BSPS telah dilakukan pihaknya sejak April lalu, dan program tersebut akan berakhir pada Desember 2021 mendatang.

“Proses penyaluran dilakukan oleh cabang BSI terdekat, sesuai dengan lokasi masyarakat penerima BSPS,” katanya.

BPSP merupakan program Kementrian PUPR yang telah digulirkan sejak beberapa tahun sebelumnya. Melalui kegiatan itu, pemerintah mendorong dan meningkatkan swadaya masyarakat berpenghasilan rendah. Bantuan itu dimaksudkan agar penerima manfaat dapat memperbaiki kualitas tempat tinggalnya dari rumah tidak layak huni menjadi rumah sehat dan layak tinggal.

baca juga : Teuku Faisal Riza Siap Sukseskan Program Satu Juta Rumah Presiden Jokowi di Aceh

Wisnu Sunandar melanjutkan, penyaluran yang dilakukan pihaknya, sebagai respon positif BSI guna membantu pemerintah dalam proses percepatan penyaluran BSPS di Aceh.

Lebih lanjut Wisnu menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholders baik pusat maupun di Provinsi Aceh atas kepercayaan yang diberikan kepada BSI sebagai bank mitra dalam penyaluran BSPS yang untuk pertama kalinya ini.

Pihaknya optimis, proses penyaluran yang dilakukan dapat tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah. Sehingga warga penerima BSPS dapat meningkatkan kualitas rumahnya menjadi lebih baik.

Dilanjutkannya, dalam program penyaluran BPSS, pihaknya menggunakan produk Tabungan BSI Easy Wadiah. Rekening ini memiliki beberapa fitur diantaranya tidak adanya saldo minimal, tanpa biaya pengendapan, biaya administrasi bulanan, biaya penutupan rekening dan biaya ganti buku. 

baca juga : Balai Perumahan Sumatera I Salurkan 100 Rumah Warga Pidie Jaya

Dalam menyalurkan bantuan BSPS, BSI menerapkan protokol kesehatan yang ketat  disesuaikan dengan kondisi COVID-19 masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Aceh, dimana penyaluran BSPS ini dibagi dalam 4 tahap sesuai progres rehap rumah yang telah dilakukan.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Sumatera I, Teuku Faisal Riza, ST. MT, mengatakan, melalui program BSPS ini pemerintah berharap dapat mendorong prakarsa dan upaya masyarakat untuk meningkatkan kualitas rumahnya.

Bantuan itu, Sambung Teuku Faisal, kita harapkan juga dapat menumbuhkembangkan keswadayaan masyarakat penerima bantuan. Sebab, sambungnya, prinsip dari BSPS masysarakat penerima manfaat sebagai pelaku utamanya.

Editor : Hendro Saky

Shares: