News

Buntut penolakan warga, 139 etnis Rohingya di Sabang ditempatkan di kantor walikota

Buntut penolakan warga, 139 etnis Rohingya di Sabang ditempatkan di kantor walikota
Ratusan etnis Rohingya saat berada di tepi pantai di kawasan Kota Sabang, Selasa (21/11/2023) malam

POPULARITAS.COM – Warga Sabang hingga saat ini masih menolak keberadaan 139 etnis Rohingya yang masuk ke wilayah mereka. Akibatnya, beberapa kali lokasi penampungan sementara pendatang ilegal itu terpaksa dipindahkan.

Saat memasuki kawasan Sabang di Gampong Ie Meule, 139 etnis Rohingya itu ditolak warga. Selanjutnya dipindahkan ke areal lahan kosong milik BPKS. Namun, warga sekitar kembali menolak, akhirnya saat ini, para imigran itu terpaksa ditempatkan di halaman depan kantor walikota.

Hal tersebut disampaikan oleh Keuchik Gampong Ie Meule, Doffa Fadhil, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Senin (4/12/2023) di Sabang.

“Iya, disemua lokasi ditolak warga. Akhirnya tadi diputuskan ditempatkan halaman kantor walikota untuk sementara waktu,” ujarnya.

Pihak IOM dan UNCHR sendiri, sambungnya, telah hadir di Sabang untuk mengatur penempatan 139 imigran ilegal itu. Saat ini, kesemua dari etnis Rohingnya itu masih berada di taman depan kantor walikota.

Dia menyebutkan, meski menolak kehadiran 139 imigran ilegal itu, warga masih menyalurkan bantuan berupa makanan dan minuman. Namun masyarakat berharap agar mereka segera dideportasi atau dipindahkan dan melanjutkan perjalan sebagai tujuan awalnya.

Editor : Muhamamd Fadhil

Shares: