News

Bupati: Karhutla di Aceh Barat akibat perusahaan membuka lahan dengan membakar

Bupati Aceh Barat, Ramli MS mengakui selama ini kebakaran hutan dan lahan sudah sering terjadi di kabupaten itu dan terus berulang dari waktu ke waktu.
Aceh mulai musim kemarau, BMKG ingatkan masyarakat terkait karhutla
Ilustrasi, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Aceh. (FOTO ANTARA/dok)

POPULARITAS.COM – Bupati Aceh Barat, Ramli MS mengakui selama ini kebakaran hutan dan lahan sudah sering terjadi di kabupaten itu dan terus berulang dari waktu ke waktu.

Hal tersebut, kata Ramli, disebabkan oleh kondisi cuaca dan banyaknya masyarakat atau perusahaan yang membuka lahan dengan cara membakar.

“Kabupaten Aceh Barat memiliki kawasan hutan dan lahan gambut yang cukup luas sehingga rawan akan ancaman karhutla,” ujar Ramli dikutip dari laman Antara, Selasa (31/5/2022).

Untuk itu, katanya, perlu perhatian khusus agar ancaman Karhutla dapat dicegah dan ditangani secara terpadu dan terkoordinasi.

Menurutnya, salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah pencegahan yang melibatkan tiga pilar diantaranya keuchik (kepala desa), bhabinkamtibmas, dan babinsa guna melakukan pencegahan lebih awal, sehingga karhutla tidak sampai meluas.

“Kami berharap kepada seluruh personel dan jajaran pemadam kebakaran yang terlibat, agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku,” tuturnya.

Di samping itu, ia juga meminta untuk rutin melakukan pengecekan terhadap kesiapan petugas dan personil penanggulangan karhutla serta kondisi peralatan, termasuk mengaktifkan pos komando data dan informasi.

“Serta penguasaan medan seperti lokasi titik api, jalan, sungai, maupun sumber air,” ujar Ramli.

Shares: