NewsSyariat Islam

Cabang Khattil Quran Aceh Besar siap tampil maksimal di MTQ ke-36 Simeulue

Cabang Khattil Quran Aceh Besar siap tampil maksimal di MTQ ke-36 Simeulue
KET : Pelatih Khattil quran Nasruan Hakim memantau langsung salah satu peserta sedang latihan, bertempat di Pemondokan Kafilah, Gampong Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Sinabang, Selasa (28/11/2023). FOTO/ MC ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Peserta cabang Khattil Quran Kafillah MTQ Aceh Besar, siap tampil maksimal guna meraih juara di MTQ ke-36 tingkat provinsi di Simeulue tahun 2023.

Pelatih Khattil Quran Kafilah Aceh Besar Nasruan Hakim, optimis pihaknya bisa meraih juara di MTQ Simeulue. “InsyaaAllah, doa dan dukungan masyarakat untuk peserta, kami optimis,” terangnya, Selasa (28/11/2023) di Simeulue.

Dia menjelaskan, cabang Khattil Quran yang diperlombakan di MTQ Simeulue mencakup empat kategori, yakni, naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer.

Sebagai pelatih yang diberikan amanah oleh Pemkab Aceh Besar, sambung Dek Wan karib lelaki itu disapa, dirinya optimis bisa meraih hasil terbaik. Ia pun akan terus memberikan semangat dan pendampingan kepada para peserta, tambahnya.

Ia menjelaskan ada beberapa perbedaan dari golongan khattil quran terutama dari segi bahan dan bentuk hasil karyanya. Untuk naskah lebih menonjolkan tulisan dan yang dinilai adalah kaidah murni tidak ada unsur lain. 

“Sedangkan hiasan mushaf lebih menampilkan wajah mushaf atau sampul Al-Quran. Sementara golongan kontemporer arahnya lebih ke seni lukis dengan menampilkan huruf yang dimodifikasi bisa bersifat figural, ekspresionis ataupun gabungan antara keduanya,” jelas Dek Wan. 

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Aceh Besar untuk memberikan doa dan dukungan, supaya peserta dari Aceh Besar bisa memberikan yang terbaik 

“Mohon doa dan dukungan dari semua lapisan masyarakat untuk kafilah kita yang sedang berjuang di MTQ ke36 Aceh di KabupatenSimeulue,” pungkasnya

Shares: