NewsRamadan 1441 H

Cara Mengatasi Tiba-tiba Cegukan di Tengah Berpuasa

Ilustrasi.

(popularitas.com) – Saat berpuasa pastinya umat muslim yang menjalankannya dilarang untuk makan dan minum sebelum waktu berbuka. Kegiatan ini pun harus dilaksanakan selama kurang lebih 13 jam, sampai adzan magrib berkumandang.

Namun, di tengah jalan berpuasa ada saja hal yang terjadi di tubuh kita, salah satunya cegukan. Cegukan bisa terjadi jika otot-otot diafragma mengalami kontraksi atau kejang.

Banyak hal yang bisa memicu cegukan saat puasa, seperti makan sahur terlalu banyak atau terburu-buru, konsumsi minuman soda, terlalu banyak menelan udara, stres, gugup, cemas, dan terlalu bersemangat yang terjadi karena adanya gangguan saraf.

Biasanya untuk meredakan cegukan adalah minum air yang banyak. Tapi karena puasa, Medical News Today punya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya tanpa minum air.

1. Tahan napas

Caranya, tarik napas yang dalam melalui hidung, kemudian tahan selama kira-kira 10 detik. Setelah itu, hembuskan perlahan dan ulangi 3-4 kali. Jika belum hilang, ulangi cara ini setiap 20 menit sekali.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Siapkan kantong kertas yang masih bagus, lalu tempatkan mulut dan hidung pada lubang kantong. Kemudian bernapaslah di dalam kantong tersebut.

Kamu akan menghirup karbon dioksida yang ada di dalam kantong. Hal itu akan membantu otot diafragma kembali lemas.

3. Duduk Sambil Memeluk Lutut.

Untuk melakukannya, duduklah dengan posisi kaki di tekuk ke dada, peluk lutut seperti posisi meringkuk. Tahan pada posisi tersebut selama kira-kira dua menit. Posisi itu akan memberi tekanan pada area diafragma, agar udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijit Ulu Hati

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, coba pijat perlahan bagian ulu hati. Otot-otot diafragma yang tegang itu berada persis di bawah ulu hati, di atas perut. Beri tekanan lembut dan perlahan pada area itu dengan ujung jari tangan selama 20-30 detik saja.

Sumber: detik

Shares: