News

China berhasil kendalikan kelahiran, tahun 2022 jumlah penduduk 1,4 miliar

China berhasil kendalikan kelahiran, tahun 2022 jumlah penduduk 1,4 miliar
Hiruk-pikuk di Pasar Malam Xingguang di kota wisata Xishuangbanna, Provinsi Yunnan, China, pada 9 Februari 2023. ANTARA/M. Irfan Ilmie

POPULARITAS.COM – Pemerintah China berhasil kendalikan angka kelahiran di negeri tersebut. Saat ini, jumlah penduduk capai 1,4 miliar, ata alami penurunan 850 ribu jiwa dibandingkan tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Biro Statistik Nasional China (NSB) dalam penjelasanya dikutip dari laman Antara. Saat ini, tingkatkan kelahiran di negeri tirai bambu itu sebesar 6,77 perseribu orang, sedangkan kematian 7,37 perseribu orang.

Dengan data itu, maka menjadikan tingkat kelahiran di China minus 0,6 per seribu orang, demikian NSB di Beijing, Selasa (28/2).

Pada Januari lalu, NSB juga mengumumkan pertumbuhan negatif populasi China sebagai peristiwa yang pertama kalinya dalam 61 tahun terakhir.

Pejabat senior NSB Wang Pingping mengatakan bahwa populasi China masih di angka 1,4 miliar dan masih memiliki pasar yang luas.

“China juga masih memiliki sumber daya tenaga kerja yang sangat besar karena jumlah penduduk usia kerja mencapai 900 juta jiwa,” katanya.

Editor : Hendro Saky

Shares: