News

China dan Arab Saudi tingkatkan hubungan kerjasama

Pemerintah China dan Kerajaan Arab Saudi, berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara kedua belah pihak yang selam ini telah terjalin dengan kuat.
China dan Arab Saudi tingkatkan hubungan kerjasama
Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana al-Yamamah di Riyadh, Arab Saudi, pada (8/12/2022. FOTO : (Xinhua/Huang Jingwen)

POPULARITAS.COMPemerintah China dan Kerajaan Arab Saudi, berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara kedua belah pihak yang selam ini telah terjalin dengan kuat.

Hal tersebut disampaikan Presiden China Xi Jinping, dan Raja Arab Saudi King Salman Bin Abdulaziz Al Saud, saat pertemuan keduanya di Istana Al Yamamah, di Riyadh, Kamis (8/12/2022).

Dikutip dari Kantor Berita Xinhua, Presiden China Xi Jinping menyatakan bahwa, dirinya sangat senang bisa datang kembali ke Arab Saudi. Ia menyebutkan bahwa, enam tahun lalu dirinya pernah hadir ke negara ini.

Xi mengaku gembira melihat konsensus penting tentang pengembangan hubungan China-Arab Saudi yang mereka capai saat itu telah diwujudkan dalam kerja sama yang konkret.

Kerja sama China-Arab Saudi memiliki prospek yang luas. China melihat Arab Saudi sebagai kekuatan penting di dunia multipolar dan sangat mementingkan pengembangan kemitraan strategis komprehensif dengan Arab Saudi, kata Xi.

Raja Salman mengatakan bahwa hubungan dengan China sangat bernilai baginya dan siap bekerja sama dengan Xi untuk memajukan kemitraan strategis komprehensif Arab Saudi-China serta memberikan lebih banyak keuntungan bagi rakyat di kedua negara yang menjalani hubungan persahabatan. Hal ini juga mendukung perdamaian, ketenteraman, serta stabilitas regional dan global.

Kedua kepala negara itu bersama-sama menandatangani secara langsung perjanjian kemitraan strategis komprehensif antara Republik Rakyat China dan Kerajaan Arab Saudi, dan sepakat untuk secara bergiliran menjadi tuan rumah pertemuan dua tahunan antara pemimpin kedua negara tersebut.

Editor : Hendro Saky

Shares: