HeadlineNews

Ciptakan sejarah, atlet binaan PBSI Aceh raih medali perunggu di BNI Kejurnas PBSI 2023

Ciptakan sejarah, atlet binaan PBSI Aceh raih medali perak di BNI Kejurnas PBSI 2023
Atlet binaan PBSI Aceh, pasangan ganda putri dewasa Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani saat menerima medali perunggu pada BNI Kejurnas 2023 di Jakarta, Sabtu (23/12/2023). FOTO : Humas PBSI Aceh

POPULARITAS.COM – BNI Kejurnas PBSI 2023, resmi berakhir 23 Desember 2023. Pertandingan yang digelar sejak 18 Desember di GOR Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun tersebut, diikuti 610 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia.

Provinsi Aceh, torehkan prestasi membanggakan. Sejarah mencatat, untuk pertama kalinya, atlet dari daerah berjuluk serambi mekkah tersebut, berhasil persembahkan medali perunggu.

Atlet binaan PBSI Aceh, pasangan ganda putri dewasa, Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani, berhasil menjadi semifinalis pada BNI Kejurnas 2023 tersebut. Hal itu menjadikan Aceh satu-satunya daerah yang mewakili Sumatra.

Langkah Mutia Dina Ainul Baroroh/Rista Berlian Mahari, akhirnya terhenti dibabak semifinal usai dikalahkan provinsi DKI Jakarta.

“Kami mohon maaf kepada rakyat Aceh, hanya bisa persembahkan medali perunggu di BNI Kejurnas PBSI 2023,” kata Pelatih PBSI Aceh, Fadhul Hadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/12/2023) di Jakarta.

Namun perlu dicatat, imbuhnya, capaian sebagai semifinalis yang ditorehkan atlet Aceh prestasi yang sangat membanggakan. Sebab, hal tersebut merupakan sejarah pertama kalinya di even Kejurnas yang diikuti atlet-atlet hebat dari provinsi lain, pebulutangkis Aceh bisa raih juara medali perunggu.

Fadhul Hadi mengakui bahwa, pada BNI Kejurnas PBSI 2023, banyak pemain hebat yang ikut berkompetisi. Bahkan, sejumlah provinsi yang mengirimkan atlet-atlet yang bertanding pada kejuaraan tersebut merupakan alumni Pelatnas PBSI.

“Jadi, kompetisi di BNI Kejurnas PBSI 2023 itu sangat ketat. Alhamdulillah, atlet kita persembahkan hal terbaik,” tandasnya.

Ket : Atlet binaan PBSI Aceh, pasangan ganda putri dewasa Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani saat menerima medali perunggu pada BNI Kejurnas 2023 di Jakarta, Sabtu (23/12/2023). FOTO : Humas PBSI Aceh

Fadhul Hadi juga mengucapkan terimakasihnya kepada jajaran pengurus PBSI Aceh. Sebab, selama ini dukungan untuk pembinaan para atlet sangat maksimal. Berbagai kebutuhan atlet sejak proses seleksi, pelatihan, hingga keberangkatan didukung penuh oleh Ketua Umum Safaruddin.

Torehan prestasi yang telah dipersembahkan para atlet di BNI Kejurnas PBSI 2023, dapat jadi tolak ukur bagi jajaran pengurus PBSI Aceh, para atlet dan pelatih, guna mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi PON Aceh-Sumut 2024 mendatan, tambahnya.

Ketua Umum PBSI Aceh Safaruddin secara terpisah, sampaikan selamat atas prestasi yang ditorehkan para atlet di even BNI Kejurnas PBSI 2023 di Jakarta.

Sejarah yang telah diciptakan tersebut, harus diulang menjadi sejarah yang lebih baik pada PON 2024 mendatang, katanya. “Kami bangga atas apa yang telah ditorehkan. Tetap berlatih dan fokus menghadapi PON kedepan,” ujarnya.

PBSI Aceh sendiri, sambung Safaruddin, saat ini fokus pada pembinaan dan persiapan atlet-atlet bulutangkis Aceh agar pada PON 2024 mendatang, bisa meraih medali. 

Terakhir Safaruddin meminta para atlet binaan PBSI Aceh, untuk terus memupuk semangat tanding dan terus berlatih. Sebab, masih banyak agenda-agenda kejuaraan sebagai sarana untuk mendulang medali dan prestasi kedepannya.

Berikut Perolehan Mendali di BNI Kejurnas PBSI 2023

1. DKI Jakarta

– 6 Emas 

– 4 Perak 

– 7 perunggu

2. Jawa Tengah

– 4 Emas 

– 5 Perak 

– 4 Perunggu

3. Jawa Timur 

– 1 Perak 

– 1 perunggu

4 . Jawa Barat

– 1 Perak

5. Banten

– 2 Perunggu

6. Kalimantan Selatan

– 2 Perunggu

7. Aceh

– 1 Perunggu

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: