NewsSepakbola

Lewat drama adu pilnalti, Korea Selatan melaju ke perempat final Piala Asia 2023

Lewat drama adu pilnalti, Korea Selatan melaju ke perempat final Piala Asia 2023
Pemain Timnas Korea Selatan saat rayakan kemenangan usai kalahkan Arab Saudi lewat drama adu pinalti, Rabu (31/1/2024) dini hari. FOTO : AP/Thanassis Stavrakis)

POPULARITAS.COM – Korea Selatan menang lewat drama adu pinalti saat lawan Arab Saudi pada pertandingan 16 besar Piala Asia 2023. Kemenangan tersebut, antar negara gingseng itu ke babak perempat final. Dibabak selanjutnya, timnas tersebut akan bertemu dengan Australia.

Bertanding di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Rabu (30/1/2024) dini hari, kedua tim bermain saling serang. Arab Saudi sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Abdullah Hadi Radif yang mengubah skor 1-0.

Gol balasan Korea Selatan diciptakan Cho Gue-Sung selang beberapa detik babak kedua berakhir. Skor 1-1, akhirnya perpanjangan 2 x 15 menit. Tidak ada satu gol pun tercipta di masa perpanjangan waktu hingga penentuan pemenang dilakukan lewat adu pinalti.

 

Secara statistik Korea Selatan lebih unggul ketimbang Arab Saudi dengan mencatatkan 58 persen penguasaan bola serta melepaskan total 20 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama tempo permainan berjalan sedang dan baru ada peluang yang tercipta melalui sundulan pemain Arab Saudi yang masih membentur tiang gawang Korea Selatan.

Arab Saudi kembali mendapatkan peluang lewat upaya yang dilakukan oleh Salem Al Daswari, namun bola dapat diselamatkan oleh kiper Korea Selatan Jo Hyeon-woo.

Skuad asuhan Roberto Mancini akhirnya sukses membobol gawang Korea Selatan pada menit 46 melalui gol Abdullah Hadi Radif setelah memanfaatkan umpan Al Daswari sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Korea Selatan berupaya menyamakan kedudukan dan sempat memiliki dua peluang lewat Seol Young-woo yang keduanya dipatahkan kiper Arab Saudi Ahmed Al Kassar.

The Taeguk Warriors akhirnya sukses menyamakan kedudukan ketika laga memasuki waktu tambahan, tepatnya menit 90+9 lewat sundulan Cho Gue-sung memanfaatkan umpan Seol. Waktu normal berkesudahan dengan skor imbang 1-1.

Pada babak tambahan, kedua negara berupaya untuk mencari gol penyeimbang, namun penampilan gemilang dari lini belakang serta penjaga gawang Arab Saudi dan Korea Selatan membuat pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Korea Selatan memastikan diri sebagai pemenang dengan skor 4-2 pada pertandingan ini setelah dua eksekutor penalti Arab Saudi tendangannya dapat dihalau oleh Jo.

Selanjutnya pada babak perempat final, Korea Selatan akan bertemu Australia yang sebelumnya menyingkirkan Indonesia pada babak 16 besar, di Stadion Al Janoub, Al-Wakrah, Jumat (2/2) mendatang.

Shares: