News

Informasi keberadaan 23 geng motor di Aceh dipastikan hoaks

Informasi keberadaan 23 geng motor di Aceh dipastikan hoaks
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto. Foto: Humas Polri

POPULARITAS.COM – Sejumlah pesan berantai beredar di WhatsApp tentang adanya 23 geng motor yang teridentifikasi di Aceh. Informasi ini juga membuat masyarakat resah.

Apalagi, dalam pesan itu juga disebutkan bahwa sumber informasi berasal dari seorang personel Polri yang bertugas di Polda Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh,  Kombes Pol Joko Krisdiyanto menegaskan bahwa pesan berantai itu tidak benar alias hoaks.

Foto: Informasi yang beredar di WhatsApp tentang 23 geng motor yang teridentifikasi di Aceh. (Polda Aceh)

Personel Polda Aceh yang namanya dicatut dalam pesan tersebut, kata Joko, juga tidak pernah memberikan informasi sebagaimana tersebar.

“Informasi itu tidak benar, personel Polda Aceh yang dicatut namanya juga tidak pernah memberikan informasi tersebut,” tegas Joko dalam keterangan persnya di Banda Aceh, Rabu (31/1/2024).

Joko menerangkan, dalam pesan itu dituliskan “Informasi dari Kompol. Apriadi S.Sos., M.M. (Kasubdit Kamneg Dit Intelkam Polda Aceh) ‘sudah ada 23 geng motor yang teridentifikasi di Aceh. Salah satu yang besar adalah geng motor askota (anak asrama koeta alam). syarat menjadi anggota askota bisa mencuri & menebas orang.”

Ia mengimbau masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial, dengan menyaring setiap informasi yang didapat sebelum membagikannya. “Begitu juga bila ada informasi yang diragukan kebenarannya agar terlebih dahulu konfirmasi ke pihak kepolisian terdekat,” pungkas Joko.

Shares: