News

Damkar Kota Jambi evakuasi warga berbobot 130 kilogram

Damkar Kota Jambi mengevakuasi seorang pria warga Kecamatan Pasar Kota Jambi yang memiliki bobot tubuh lebih dari 130 kilogram. (ANTARA/HO-Damkar Kota Jambi)

POPULARITAS.COM – Tim Pemadam Kebakaran Kota Jambi mengevakuasi seorang pria warga Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi yang memiliki bobot tubuh seberat 130 kilogram.

Kepala Dinas Damkar Kota Jambi Mustari Affandi mengatakan pria tersebut diduga mengalami penyempitan saraf tulang belakang dan infeksi pada bagian kaki yang menyebabkan pembengkakan sehingga tidak bisa berjalan.

“Kami menerima laporan dari warga yang meminta untuk evakuasi terhadap warga untuk dibawa ke rumah sakit dengan berat 130 kilo lebih,” katanya, dikutip dari laman Antara, Sabtu (29/7/2023).

Setelah mendapatkan laporan tersebut, tim evakuasi langsung meluncur ke lokasi dengan menggunakan peralatan evaluasi seperti tandu. Warga tersebut dibawa ke salah satu rumah sakit di Kota Jambi.

Dalam proses evakuasi, katanya tim juga menemukan kesulitan karena bobot warga tersebut yang berat. Tapi, kendala tersebut kata dia, bisa ditangani dengan baik oleh tim evakuasi sehingga dapat mengangkut warga yang mengalami obesitas tersebut.

“Sudah barang tentu ada kesulitan, kami siapkan peralatan evaluasi yang maksimal,” katanya pula.

Mustari mengatakan saat ini warga tersebut sudah berada di salah satu rumah sakit di Kota Jambi dan mendapat penanganan dari medis.

Dalam proses evakuasi warga obesitas itu, Damkar Kota Jambi menurunkan satu regu penyelamat yang beranggotakan 11 orang dengan menggunakan peralatan penyelamatan lengkap. Petugas membutuhkan waktu 1 jam 20 menit untuk mengangkat warga tersebut.

Selain itu Damkar juga berkoordinasi dengan Public Safety Center (PSC) untuk mengevakuasi warga ke rumah sakit terdekat.

Mustari mengatakan pihaknya mendapatkan laporan ini langsung dari kakak yang bersangkutan yang meminta tolong untuk membawa adiknya ke rumah sakit.

Lebih lanjut dia mengatakan evakuasi masyarakat yang mengalami obesitas merupakan satu diantara tugas pokok Damkar.

“Salah satu tugas kami itu pelayanan masyarakat seperti mengevakuasi warga obesitas ini,” kata dia.

Shares: