News

Dayah Terpadu Babul Maghfirah terbakar, dua ustazah jadi korban

Dayah Babul Maghfirah pimpinan Ustaz Masrul Aidi yang beralamat di Lam Alu Cut, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, terbakar pada Kamis (25/1/2024). Foto: BPBD Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Dayah Babul Maghfirah pimpinan Ustaz Masrul Aidi yang beralamat di Lam Alu Cut, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, terbakar pada Kamis (25/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar mencatat, musibah tersebut menyebabkan 8 ruangan asrama putri, 1 musala, 1 aula tempat makan santri dan 1 rumah pimpinan dayah ludes terbakar.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil mengatakan, kebakaran tersebut menyebabkan tiga korban, yaitu Ustazah Cut Annisa Ulfitra (210, mengalami luka bakar bagian kaki dan badan serta Ustazah Syarifa (20) mengalami patah tulang.

“Kebakaran ini juga menyebabkan santri atas nama Riski Maulina (16) mengalami sesak nafas,” kata Ridwan Jamil dalam keterangannya kepada popularitas.com, Kamis (25/1/2024).

Ridwan Jamil menyebutkan, Damkar BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima informasi tentang adanya kebakaran tersebut sekitar pukul 09.45 WIB. Informasi dihimpun, kebakaran terjadi saat proses belajar mengajar sedang berlangsung .

“Kebakaran besar tersebut membuat tingkat kepanikan yang luar biasa, baik masyarakat sekitar maupun orang tua wali santri,” katanya.

Ia mengatakan, dewan guru dan para santri begitu mengetahui hal tersebut langsung berupaya menyelamatkan diri. Sementara barang perlengkapan santri yang berada di asrama semua habis terbakar dan tak ada yang berhasil diselamatkan, kecuali baju seragam di badan.

“Untuk penyebap kejadian kebakaran sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,” ujarnya.

Dalam memadamkan api, kata Ridwan Jamil, petugas Damkar BPBD Aceh Besar mengerahkan 11 unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

“Hingga saat ini proses pemadaman dan pendinginan masih berlangsung di lokasi kejadian, sehingga data kerusakan dan dampak lainnya bisa bertambah sesuai dengan kondisi perkembangan di lokasi kebakaran,” ujarnya.

Shares: