Dek Gam minta Kapolri usut tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

POPULARITAS.COM – Mantan Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam menyampaikan duka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, yang menyebabkan seratusan orang meninggal dunia, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kejadian itu terjadi usai Arema dikalahkan oleh Persebaya dengan skor 2-3. Di mana setelah pertandingan, para suporter tuan rumah yang tidak menerima tim kesayangannya dikalahkan di kandang sendiri turun ke dalam stadion dan menyebabkan kerusuhan.

Dalam kerusuhan itu, tercatat ada 128 orang dinyatakan meninggal dunia, sementara yang sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit mencapai 180 orang.

“Saya ikut berduka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, ini tragedi terburuk dalam sejarah sepak bola Indonesia dan di dunia,” kata Nazaruddin Dek Gam, Minggu (2/10/2022).

Dek Gam–sapaan Nazaruddin–meminta aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian itu, termasuk operator liga yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pasalnya, kata dia, informasi yang beredar kalau panitia pertandingan bersama aparat kepolisian sudah pernah meminta agar pertandingan itu dipercepat pada sore hari.

“Informasi ada permintaan agar pertandingan dipercepat sore hari, dan PT LIB tetap bersikukuh pertandingan sesuai jadwal harus diusut tuntas, artinya aparat kepolisian sudah mengantisipasi kejadian-kejadian seperti tadi malam,” ungkap Dek Gam.

Untuk itu, Dek Gam yang merupakan Anggota Komisi III DPR RI meminta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengambil langkah terukur dalam menyelesaikan kasus itu.

“Kalau memang ada kesalahan dari pihak keamanan dalam menyelesaikan kerusuhan tadi malam, ya silahkan dicopot pihak-pihak yang bertanggung jawab dari aparat kepolisian. Kerusuhan di Kanjuruhan membuat citra sepak bola Indonesia sangat jelek di mata dunia,” kata Dek Gam.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.