News

Di Balik Meja Redaksi, novel karya Enggar angkat kisah perjalanan jurnalis kampus

Di Balik Meja Redaksi, novel karya Enggar angkat kisah perjalanan jurnalis kampus
Enggar Tyas Untari. Foto: dok. pribadi

POPULARITAS.COM – Perempuan asal Rantauprapat, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Enggar Tyas Untari melahirkan novel yang mengangkat tema kisah perjalanan jurnalis kampus. Novel itu berjudul “Di Balik Meja Redaksi”.

Enggar Tyas Untari mengaku butuh waktu lama untuk menyelesaikan novel solo itu. Melalui novel itu, Enggar mengajak pembaca ikut merasakan bagaimana aktivitas dan sisi lain dari jurnalis kampus.

“Novel ini menceritakan perjalanan mahasiswi yang mengabdikan diri sebagai pers (jurnalis) mahasiswa selama kuliah,” kata Enggar Tyas dalam keterangan diterima popularitas.com, Sabtu (26/8/2023).

Menurut Enggar, semasa kuliah dan masuk organisasi jurnalis kampus, ada banyak hal yang didapat. Semua itu, ditulis rapi dalam sebuah novel yang bisa dibaca oleh semua kalangan.

Tak hanya soal aktivitas jurnalis, kisah cinta dirinya yang bertepuk sebelah tangan ternyata tidak seburuk yang orang-orang bayangkan. Itu semua juga tak luput dimuat dalam novel itu.

“Novel ini hanyalah proses mengkihlaskan, untuk hari-hari yang telah lalu. Proses menghargai setiap orang yang pernah jadi panutan untuknya. Intinya proses pendewasaan dari remaja tamat SMA menjadi paruh dewasa,” jelasnya.

Enggar Tyas Untari mengawali novel perdananya menggunakan nama pena Orizuru. Alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ini memulai menulis sejak Sekolah Menegah Pertama (SMP).

Kegemarannya menulis kemudian mengantarnya masuk Lembaga Pers Mahasiswa atau LPM Dinamika. Sebuah organisasi jurnalis di kampus tersebut.

“Novel ini ditulis sejak lima tahun lalu sebelum akhirnya mendapatkan ending pada Agustus 2022,” sebutnya.

Di dalam novel itu, Enggar tidak hanya bercerita kisah pers mahasiswa, tapi tokoh yang bernama Ruis juga mencicipi rasanya pergi ke luar kota serta romansa yang bertepuk sebelah tangan.

Melalui novel Di Balik Meja Redaksi ini, Enggar ingin menyampaikan bahwa proses mendewasa kadang terasa menyebalkan. Selain itu, juga tidak semua perasaan harus terbalaskan.

“Masih nggak nyangka kalau akhirnya novel ini terbit,” ujar Enggar.

Novel Di Balik Meja Redaksi ini diterbitkan oleh CV. Firaz Media Publisher, tebal 234 halaman. Saat ini novel itu tengah Pre Order (PO) dari 21 Agutus hingga 4 September 2023, dengan harga Rp 115 ribu.

Pembaca dapat memesan novel Di Balik Meja Redaksi pada Shopee Firaz Media. Atau bisa juga menghubungi penerbit CV. Firaz Media Publisher.

Shares: