News

Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh kembali raih Anugerah Inovasi 2022

Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPKA), kembali raih Anugerah Inovasi Aceh tahun 2022 kategori SKPA paling inovatif.
Sekda Aceh Bustami, saat menyerahkan Anugerah Inovasi Aceh 2022. Dalam penghargaan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) melalui sistem aplikasi Jaringan Informasi Kerasipan Aceh (JIKA) raih anugerah palling inovatif. FOTO : HUMAS Aceh

POPULARITAS.COMDinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPKA), kembali raih Anugerah Inovasi Aceh tahun 2022 kategori SKPA paling inovatif.

Penghargaan untuk DPKA tersebut, diserahkan oleh Sekda Aceh Bustami Hamzah, dan diterima oleh sekretaris instansi itu Zulkifli, Kamis (17/11/2022) di Banda Aceh.

Kepala Seksi Informasi dan Kearsiapan DPKA, Rahmaniah, dalam penjelasannya mengatakan, penghargaan yang diterima pihaknya, berkat inovasi Jaringan Informasi dan Kearsiapan Aceh (JIKA) yang diterapkan dalam tugas pokok dan fungsi dinas.

JIKA, lanjut Rahmaniah, merupakan sistem aplikasi yang menyediakan informasi perihal kearsiapan statis Aceh, dan seluruh masyarakat yang membutuhkan dapat mengaksesnya, baik berupa deskripsi, maupun objek digital.

Nah, dengan sistem aplikasi ini, DPKA telah meraih penghargaan sebagai dinas paling inovatif untuk keempat kalinya. “Aplikasi ini sudah dapat empat kali penghargaan,” tukasnya.

Rahmaniah mengatakan JIKA telah menyabet 4 kali penghargaan, di antaranya penghargaan Simpul JIKN Terbaik Tingkat nasional tahun 2021, penghargaan Simpul JIKN Terbaik Tingkat Nasional tahun 2022, penghargaan Simpul JIKN Pilot Project Tingkat Nasional THN 2022 dan penghargaan SKPA sangat inovatif dengan inovasi JIKA tahun 2022.

Rahmaniah menjelaskan dalam mempertahakan prestasi tersebut maka pihaknya terus berupaya untuk konsisten dalam penerapan inovasi JIKA. Kemudian kontinue dan berkesinambungan dalam khasanah kearsipan yang dapat diakses oleh masyarakat. “Selanjutnya kita juga berupaya mempersiapkan infrastruktur yang memadai, peningkatan kapasitas SDM, dan dukungan anggaran,” jelasnya.

Shares: