KesehatanNews

Dinkes Aceh Tamiang Minta Puskesmas Sosialisasi Virus Corona

Cuci tangan. (Foto:cnet)

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Tamiang, Irianto meminta seluruh puskesmas agar menyosialisasi tentang virus corona pada masyarakat. Agar dapat meningkatkan kewaspadaan, melakukan pencegahan.

Irianto juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik terkait munculnya kasus infeksi corona di Indonesia. Yang harus dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih, sehat dan makanan makanan yang bergizi.

“Masyarakat jangan panik, namun harus waspada,” kata Irianto kepada popularitas.com Senin (9/3/2020).

Dia menjelaskan, pada umumnya tubuh manusia memiliki daya tahan dan kekebalan, untuk menyembuhkan diri dari infeksi virus. Artinya, lanjut dia, sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tersebut.

“Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, makan sayur dan buah, minum air putih yang cukup, menjaga kesehatan, termasuk yang tak kalah penting adalah cuci tangan yang bersih,” tegasnya.

Irianto menyampaikan, bila ada seseorang diduga suspek COVID-19, diminta segera melaporkan ke Puskemas terdekat. Puskesmas nantinya akan merujuk ke RSUD Aceh Tamiang.

“Mengenai hotline untuk laporan tidak ada,” ucapnya.

Sementara itu seorang warga Aceh Tamiang, Chaidir Azhar mengatakan, pengatahuan gejala-gejala virus corona. Seperti ditandai flu, batuk, badan meriang diketahuinya melalui media massa.

“Gejala saya mengetahui dari televisi,” ungkapnya.

Azhar mengaku sudah mengetahui bila ada seseorang memiliki gejala virus corona, segera dibawa ke pusat kesehatan, seperti Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan secara intensif.

Reporter     : M Irwan

Editor         : A.Acal

Shares: