News

Ditabrak kapal tambang emas, jembatan gantung di Aceh Barat rusak

Sebuah jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tungkop-Desa Kajeung, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, miring diduga ditabrak kapal penyedot pasir tambang emas di kawasan tersebut, Kamis (6/7/2023). Foto: Antara

POPULARITAS.COM – Sebuah jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tungkop dan Desa Kajeung, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, dilaporkan rusak dan miring setelah ditabrak oleh sebuah kapal diduga penyedot pasir tambang emas di kawasan tersebut.

“Tidak ada korban jiwa di masyarakat dalam musibah ini, namun kondisi jembatan gantung sudah miring dan tidak dapat dilintasi pengguna motor,” kata Camat Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Zulkifli, dilansir dari laman Antara, Jumat (7/7/2023).

Menurutnya, kerusakan jembatan gantung tersebut setelah satu unit kapal penyedot pasir tambang emas hanyut, saat aliran sungai di kawasan ini meluap ketika dilanda hujan lebat yang terjadi sejak beberapa hari lalu.

Zulkifli mengatakan, kerusakan jembatan gantung yang menghubungkan sejumlah desa di wilayah pedalaman Aceh Barat tersebut saat ini tidak bisa digunakan secara maksimal oleh masyarakat di daerah tersebut.

Menurutnya, kondisi jembatan gantung yang selama ini menjadi salah satu jalur alternatif tersebut, tidak bisa dilintasi menggunakan sepeda motor karena kondisinya memprihatinkan.

“Namun kalau dilintasi oleh pejalan kaki masih bisa, meski kondisinya berbahaya,” kata Zulkifli.

Ia mengatakan, dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat dari peristiwa tersebut menyebabkan akses transportasi masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, menjadi terganggu.

Sedangkan satu unit kapal penyedot pasir diduga milik perusahaan tambang emas tersebut telah tersangkut di sebuah kawasan di daerah aliran sungai (DAS) Krueng Meureubo, diduga dalam kondisi rusak.

Pihaknya juga telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Dinas PUPR Aceh Barat untuk ditindaklanjuti.

“Alhamdulillah, tadi sudah ada tim dari Dinas PUPR Aceh Barat turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan ke lokasi jembatan yang rusak,” demikian Zulkifli.

Shares: