EdukasiNews

DPKA ciptakan ruang baca ramah anak

Salah satu langkah Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh (DPKA), untuk rangsang minat baca anak, adalah dengan menciptakan suasana tempat baca yang menarik, dan ketersediaan buku-buku ramah anak, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung lainnya.
DPKA tumbuhkan minat baca lewat pustaka gampong
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) Edi Yandra

POPULARITAS.COM – Salah satu langkah Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh (DPKA), untuk rangsang minat baca anak, adalah dengan menciptakan suasana tempat baca yang menarik, dan ketersediaan buku-buku ramah anak, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Kepala DPKA Dr Edi Yandra menerangkan, saat ini, di Pustaka Wilayah (Puswil) Aceh, terdapat satu ruangan berukuran 5 x 20 meter, yang dikhususkan bagi anak-anak. Dengan desain dan ornamen, serta ragam warna-warni yang mendominasi, pihaknya mengingingkan tercipta kondisi yang menumbuhkembangkan minat baca, dan kecintaan anak terhadap buku.

Keberadaan ruang itu, selain ditunjang oleh berbagai jenis bacaan anak, juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana bermain, sehingga akan membuat anak nyaman, dan betah berlama-lama di Pustaka.

Salah pengunjung ruang baca anak Perpustakaan Wilayah (Puswil) Aceh

 

Diakui oleh Edi Yandra, saat ini Puswil Aceh belum rampung 100 persen, ditargetkan pembangunan tuntas pada 2023 mendatang, dan nantinya perpustakaan wilayah ini akan menjadi tempat yang asik, dan menarik, serta ruang baca bagi anak yang akan hadir lebih keren.

Jika 2023 pembangunan perpustakaan wilayah ini tuntas, maka ruang baca anak akan menjadi lebih bagus, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua untuk membawa anak-anaknya ke sini.

Pilihan dekorasi, dan ornamen untuk ruang baca anak, sambungnya, memang kita sesuaikan dengan selera dan minat anak, hal itu dimaksudkan agar anak nyaman bermain, dan berlama-lama di pustaka. “Konsepnya, kami ingin wujudkan ruang baca ramah anak, guna menumbuhkembangkan minat baca,” tukasnya.

Shares: