News

Dua Mahasiswa LP3I Dikeluarkan Usai Video “Penarikan Cadar” Viral

BANDA ACEH (popularitas.com) – Aksi dua mahasiswa Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Banda Aceh yang membuat video “Penarikan Cadar” berbuntut panjang. Setelah video tersebut viral di media sosial, kedua mahasiswa justru mendapat sanksi hengkang dari kampus mereka.

Video “Penarikan Cadar” tersebut diambil di dalam ruang kelas. Para pelaku dan pemeran korban dalam video tersebut sebenarnya telah meminta maaf atas perbuatan yang dilakukan pada Sabtu, 6 April 2019 lalu.

Namun, pihak kampus LP3I tidak mentolerir sikap Hengki Alhamda dan Aditya Hidayat. Kepala Cabang LP3I Banda Aceh, Susilawati mengatakan pihaknya mengambil keputusan untuk mengeluarkan Hengki Alhamda dan Aditya Hidayat. Di dalam video tersebut, Hengki bertindak sebagai penarik cadar dan Aditya merekam serta menyebarkan video.

Sementara itu, Nadila Hardika, mahasiswi yang mengenakan cadar dinyatakan sebagai korban dan tidak diberikan sanksi apa pun.

“Sudah kita investigasi dan kita tidak bisa main langsung keluar-keluar begitu. Kita investigasi dulu dasarnya apa, pelanggaran yang dilakukan apa, kemudian perannya di video itu apa,” kata Susilawati, Senin, 8 April 2019.

Susilawati membenarkan kejadian itu terjadi di ruangan kelas LP3I Banda Aceh. Namun, dia menuturkan, penarikan cadar itu dilakukan pada sela waktu pergantian mata kuliah.

“Itu di luar kontrol kita. Ini menjadi catatan bagi kita untuk meningkatkan pengawasan dan kontrol,” tutur Susilawati.

Kedua mahasiswa yang diberi sanksi dikeluarkan dari LP3I tersebut, kata Susilawati, berasal dari jurusan Manajemen Perkantoran. Mereka berada pada semester 2. Sebelum dikeluarkan, LP3I Banda Aceh telah berkoordinasi dengan pihak orang tua mahasiswa.

LP3I Banda Aceh juga mengeluarkan surat klarifikasi yang disebar di laman media sosial resmi kampus. Salah satu butir klarifikasi disebutkan, bahwa mereka (peserta didik) membuat video “Penarikan Cadar” hanya untuk bercanda. Keduanya juga disebut-sebut tidak paham dari efek pembuatan video tersebut.

Video “penarikan cadar” itu direkam pada Kamis, 4 April 2019. Video ini kemudian beredar luas dengan durasi tak lebih dari 30 detik.

Dalam adegan video menampilkan seorang pria berjalan mendekati perempuan bercadar yang sedang duduk di kursi. Kemudian sang pria menarik cadar wanita tersebut ke atas. Tarikan itu nyaris menampakkan wajah sang perempuan. Aksi yang terekam dan viral tersebut mendapat beragam komentar dari warganet. (ASM)

Shares: