News

Empat ODP Negatif Covid-19 di Aceh

Lhokseumawe Tertinggi Kasus Positif Covid-19 di Aceh
Petugas medis China tangani pasien corona. ©2020 China Daily via REUTERS

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak empat pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 di Provinsi Aceh dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI yang diterima Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh.

Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, dr Azharuddin membenarnya empat hasil swab spesimen tenggorokan PDP dari RSUD Zainoel Abidin dan RSUD Cut Meutia Kota Lhokseumawe tersebut.

“Iya benar, hari ini keluar hasil swab empat orang warga Aceh negatif COVID-19,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Mereka yang negatif hasil swab, yakni pria berinisial IZ (54) yang berprofesi sebagai dokter dan perempuan berinisial AS (49). Mereka berdua sempat dirawat di RSUD Cut Meutia Kota Lhokseumawe.

Berdasarkan hasil tes cepat COVID-19, dua warga Lhokseumawe tersebut dinyatakan positif, dan akhirnya terkonfirmasi negatif terjangkit virus corona berdasarkan swab dari laboratorium PCR.

Sebanyak dua PDP lainnya, yakni TGN (37) dan MJ (33), keduanya perempuan berasal dari Kota Banda Aceh. Keduanya ditetapkan status PDP di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, setelah dirujuk dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh.

Azharuddin mengimbau masyarakat Aceh untuk tetap waspada dan tidak menganggap kondisi “Tanah Rencong” telah aman hanya karena semua pasien positif COVID-19 telah dinyatakan sembuh.

Pasien terakhir yang sembuh dari positif COVID-19 di Aceh berinisial AJ, warga Banda Aceh yang telah menjalani perawatan di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh sekitar 20 hari.

Dengan begitu, dari lima orang positif COVID-19 di daerah “Serambi Mekkah” tersebut, empat di antaranya telah sembuh dan satu orang meninggal dunia saat status masih PDP, hingga kemudian terkonfirmasi positif.[ant]

Shares: