News

Fitrah Aulia dan Luthfia Rahmah terpilih sebagai Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023

Para pemenang Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023. (Dok. Kejati Aceh)

POPULARITAS.COM – Muhammad Fitrah Aulia dan Luthfia Rahmah terpilih sebagai Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023.

Mereka pasangan pelajar asal Sabang yang meraih juara pertama pada pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023 tingkat provinsi kategori putra dan putri.

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023 diikuti oleh 23 kabupaten/kota di Aceh. Proses seleksi meliputi pengetahuan di bidang pemilu, narkotika, korupsi, dan ITE yang menyangkut dengan bullying.

Seleksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan peran pelajar sebagai agen perubahan di masyarakat.

“Setelah melalui seleksi yang cukup panjang, akhirnya Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023 dimenangkan oleh adik-adik SMA/SMK Kota Sabang,” kata Asisten Intelejen Kejati Aceh, Mukhzan, Minggu (10/12/2023).

Mukhzan mengatakan, semua peserta yang mengikuti seleksi adalah pemenang. Namun ada yang terbaik di antara yang baik seperti pelajar dari Kota Sabang dan kabupaten/kota lainnya di Aceh.

Ia pun berharap, mereka menjadi pilar kedepan sebagai agen perubahan baik di sekolah maupun lingkungan kabupaten/kota masing-masing.

“Jadi mereka itu adalah generasi muda yang akan memimpin kedepan di daerah masing-masing khususnya di provinsi Aceh,” ujarnya.

Selain itu, Mukhzan juga berharap kegiatan ini dapat diikuti provinsi lain di Indonesia, sehingga ke depan bisa diselenggarakan ajang pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat nasional.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejari Sabang, Filman Ramadhan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perwakilan Sabang sehingga menjadi juara pertama Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023.

Filman mengatakan, penetapan duta pelajar sadar hukum malam ini juga bertepatan dengan peringatan hari anti korupsi sedunia (Harkodia) yang jatuh pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya.

Dirinya berharap, dengan juaranya Kota Sabang ini menjadi harapan baru bagi generasi muda Sabang dalam memberantas korupsi.

“Harapan saya kepada adek-adek juara agar kedepan lebih giat belajar dan apa yang dicita-citakan segera tercapai, agar kedepannya juga bisa menjadi penegak hukum,” tuturnya.

Diketahui, Muhammad Fitrah Aulia merupakan pelajar dari SMK Negeri 1 Sabang. Sedangkan Luthfia Rahmah adalah pelajar dari SMA Negeri 1 Sabang.

Berikut nama-nama putra putri pemenang pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023:

Juara I
Putra: Muhammad Fitrah Aulia (Sabang)
Putri: Luthfia Rahmah (Sabang

Juara II
Putra: Teuku Muhammad Akbar Jauhari (Aceh Barat)
Putri: Raisya Zahra Al Nazri (Aceh Barat)

Juara II
Putra: M. Fathan Dienka (Aceh Utara)
Putri: Sri Aya Sofya (Aceh Utara)

Harapan I
Putra: Rafli Shidqi (Bireuen)
Putri: Ratu Annisa (Banda Aceh)

Harapan II
Putra: Muhammad Khadavi (Abdya)
Putri: Rauzatul Fajrina (Bireuen)

Shares: