News

Gajah Liar di Aceh Tengah Diselamatkan Setelah Sebulan Terjerat Tali Nilon

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seekor gajah liar terluka akibat terkena jerat di Gampong Alu Kuyun, Kecamatan Reusip, Kabupaten Aceh Tengah, diselamatkan Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Gajah tersebut diketahui berjenis kelamin jantan dan berusia enam tahun. Gajah dengan berat 800 kilogram itu berhasil dibius terlebih dahulu dan selanjutnya dilakukan pengobatan.

“Gajah terkena jerat tali nilon dan diperkirakan sudah sekitar satu bulan lamanya. Kondisi gajah cukup baik dan masih cukup dekat dengan kawanan kelompoknya,” kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo dalam keterangan kepada jurnalis, Jumat 9 Agustus 2019

Gajah tersebut berhasil diselamatkan setelah diobati oleh petugas BKSDA berkat kerjasama dengan tim Dokter Pusat Kajian Satwa Liar (PKSL) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala.

Sapto menjelaskan, upaya penyelamatan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari Reje (kepala desa) Reusip, kemarin sore, Kamis 8 Agustus.

Usai dipastikan informasinya valid, tim langsung bergerak ke Kabupaten Aceh Tengah yang berjarak sembilan jam perjalanan dari Banda Aceh.

Sapto melanjutkan, setelah pengobatan selesai alhasil gajah tersebut langsung dilepas liarkan kembali ke habitatnya.

“Kita lepas kembali gajahnya dan nantinya ada petugas BKSDA dibantu masyarakat yang akan melakukan pemantauan kondisi gajah tersebut,” pungkasnya. (ASM)

Shares: