News

Gajah liar rusak perkebunan warga di pedalaman Aceh Jaya

Ilustrasi - Salah satu kelompok Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) liar mencari makan disekitar kantong habitat Sugihan-Simpang Heran di Desa Sungai Batang, Kecamatan Air Sugihan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Minggu (14/5/2023). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

POPULARITAS.COM – Sejumlah gajah liar merusak perkebunan masyarakat di pedalaman Desa Panggong, Kabupaten Aceh Jaya, yang mengakibatkan tanaman hingga gubuk warga rusak berat.

“Gajah masuk ke kebun pada Senin malam (25/9). Banyak tanaman yang dirusak, ada pohon durian, jengkol, bahkan gubuk juga ikut dirusak,” kata warga pemilik kebun, Rasyidin, dilansir dari laman Antara, Rabu (27/9/2023).

Rasyidin menyampaikan gajah liar yang merusak tanaman warga tersebut diperkirakan sebanyak 20 ekor dan itu termasuk kawanan besar.

“Kebun kami arah menuju gunung emas, tepatnya di menara pemantau gajah, kalau kita kumpulkan semua, luas yang dirusak lebih kurang mencapai dua hektare,” ujarnya.

Rasyidin berharap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan pemerintah daerah dapat membantu menghalau gajah tersebut agar tidak kembali lagi ke perkebunan warga.

Sementara itu, Kepala Resort BKSDA Aceh Jaya Supriadi menyampaikan bahwa pihaknya sudah menerima informasi terkait gajah liar yang masuk dan merusak tanaman warga Desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee.

Kabar dari salah seorang warga setempat, kata dia, meminta BKSDA agar bisa memberikan marcon untuk mengusir jauh kawanan gajah liar tersebut.

“Mereka meminta marcon dan untuk sementara waktu kita berikan marcon kepada para petani, semoga saja gajah tersebut bisa kembali ke habitatnya setelah di halau dengan marcon,” kata Supriadi.

Shares: